Disperindag Babel Perketat Pengawasan Makanan Non Halal

Semua makanan, apalagi ini menjelang Natal dan tahun baru, termasuk makanan beku itu kalau tidak ada sertifikat halal harus

Disperindag Babel Perketat Pengawasan Makanan Non Halal
Bangkapos/Ardhina Trisila Sakti
Yuliswan Burnani 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuliswan mengatakan pihaknya akan memperketat pengawasan peredaran makanan yang tidak memiliki sertifikat halal.

Ia mengatakan sejauh ini, khususnya untuk makanan beku pihaknya memang kerap melalaukan inspeksi mendadak tidak hanya di retail modern melainkan juga di pasar.

Menurutnya, makanan yang tidak memiliki sertifikat halal dan label halal harus ditempatkan terpisah dengan makanan halal. Hal ini bertujuan untuk melindungi konsumen.

"Semua makanan, apalagi ini menjelang Natal dan tahun baru, termasuk makanan beku itu kalau tidak ada sertifikat halal harus dipisahkan raknya kalau untuk di retail modern, termasuk juga dipasar. Lalu dikasih tanda yang besar atau plang jadi konsumen enggak tertipu," tegas Yuliswan, Rabu (20/12/2017).

Yuliswan tak menampik masih ada produk non halal yang diperdagangkan, namun pihaknya tidak bisa melarang itu pasalnya ada kelompok masyarakat yang membutuhkan itu.

"Masih ada, tapi kan yang penting barangnya itu ada BPOM, PIRT lengkap semuanya persyaratannya. Tapi itu tadi diingatkan harus ada pemisahan dan plank besar label kalau itu non halal," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help