PT Jasa Raharja Babel Gelar Sosialisasi Mudahnya Pengajuan Santunan

Agar masyarakat mengurus sendiri pengajuan santunan, tidak melalui pihak lain karena pengajuan santunan tidak dipungut biaya

PT Jasa Raharja Babel Gelar Sosialisasi Mudahnya Pengajuan Santunan
ist
Sosialisasi PT Jasa Raharja kepada warga Desa Pagarawan tentang fungsi dan peran PT Jasa Raharja 

BANGKAPOS.COM--PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Bangka Belitung menggelar sosialisasi kepada warga Desa Pagarawan Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka, Selasa (20/12/2017).

Acara yang dihadiri Kepala Unit Keuangan dan Akuntasi PT Jasa Raharja, Immanuel Marpaung ini dimulai dengan sambutan dari Kepala Desa Pagarawan, Ahmad Zainudin.

Pada kesempatan itu ia memberikan penjelasan tentang kondisi masyarakat yang berada di wilayahnya. Ahmad Zainudin menuturkan kegiatan ini sangat baik dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan kepada warga tentang Jasa Raharja.

"Kami  menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh PT Jasa Raharja, karena di antara masyarakat kami mungkin ada yang belum mengetahui tentang Jasa Raharja, sehingga mereka bisa lebih paham lagi manfaat Jasa Raharja," kata Ahmad Zainudin.

Dihadapan warga Immanuel Marpaung memaparkan tentang Jasa Raharja, yakni materi sosialisasi mengenai UU Nomor 33 Tahun 1964 tentang dana pertanggungan wajib kecelakaan penumpang umum, dan UU Nomor 34 Tahun 1964 tentang dana kecelakaan lalu lintas jalan. Termasuk mekanis proses pelayanan Jasa Raharja, serta kasus-kasus yang tidak terjamin Jasa Raharja.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi akan tugas pokok Jasa Raharja sebagai salah satu BUMN yang bertugas untuk memberikan perlindungan dasar kepada seluruh masyarakat Indonesia yang mengalami musibah kecelakaan lalu lintas, baik kecelakaan darat, laut maupun udara. Jasa Raharja juga telah menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan sebagai primary payer bagi korban kecelakaan lalu lintas," tutur Immanuel Marpaung.

Ia menjelaskan, untuk mempermudah masyarakat memperoleh santunan, Jasa Raharja telah berinovasi dengan menjalin kerjasama di bidang pelayanan, melalui sistem IRSMS Polda, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, serta Cash Management System dari BRI.

Terkait hak, Immanuel Marpaung juga mengimbau agar masyarakat dapat memenuhi kewajibannya yakni apabila mengalami musibah kecelakaan lalu lintas agar segera melaporkan kasus kecelakaan tersebut kepada pihak Kepolisian, agar Jasa Raharja bisa melakukan proses pembayaran santunan.

"Selain itu, dimohon agar masyarakat melakukan sendiri apabila mengurus pengajuan santunan, tidak melalui pihak lain karena pengajuan santunan di Jasa Raharja tidak dipungut biaya apapun," katanya.

Immanuel berharap dengan adanya sosialisasi ini masyarakat lebih tahu tentang peran dan fungsi Jasa Raharja, dan juga bagaimana prosedur pengurusan asuransi kecelakaan.

"Sehingga masyarakat mudah mendapatkan santunan dari Jasa Raharja," ujarnya.

Penulis: khamelia
Editor: khamelia
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help