UBB Kembangkan 6 Varietas Unggul Lada, Tarmizi Pesan 600 Batang

Wakil Rektor II Universitas Bangka Belitung,Agus Hartoko menjelaskan saat ini pihaknya mengembangkan enam varietas lada unggul.

UBB Kembangkan 6 Varietas Unggul Lada, Tarmizi Pesan 600 Batang
Bangka Pos/ Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat ketika menandatangani kesepakatan bersama dengan Rektor UBB Muh Yusuf tentang areal model hutan serbaguna, bersama Dirjen Pengendalian DAS dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, di Universitas Bangka Belitung, Kamis (21/12/2017). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Wakil Rektor II Universitas Bangka Belitung Agus Hartoko menjelaskan saat ini Universitas Bangka Belitung (UBB)  mengembangkan enam varietas lada unggul.

Saat ini sudah ada sekitar 5.000 pohon lada yang ditanam dan dibudidayakan di kebun milik universitas tersebut dan tidak lama lagi akan panen.

"Kami sudah menganalisa DNA dan kepedasannya. UBB juga sudah punya pupuk organik cair probiotik bukan impor dan siap produksi. Saat ini kami baru memproduksi sebanyak 100 liter," jelas Agus.

Ia juga menyebutkan UBB membina daerah Tuing yang menjadi daerah binaan untuk pembuatan geopark, membudidayakan anggrek Bangka asli, penangkaran ikan dan cumi-cumi.

Selain itu mereka juga sudah mengembangkan nanas unggul dan pisang bertandan tiga.

Dia juga minta kepada Pemkab Bangka agar membuat jalan lingkar menuju kampus sehingga perekonomian masyarakat dan Kampus UBB meningkat..

Pada kesempatan ini Bupati Bangka H Tarmizi Saat langsung memesan masing-masing 100 batang lada untuk enam varietas yang dikembangkan oleh UBB sehingga total sebanyak 600 batang.

"Saya nanam pisang 3.000 batang di lahan bekas tambang. Saya pesan pupuk cair dari UBB sebanyak lima liter akan dicoba bagaimana hasilnya. Kita mengarahkan penggunaan pupuk organik karena pupuk non organik banyak palsu," ungkap Tarmizi.

Untuk pembuatan geopark di Tuing ia sepakat. Sementara mengenai jalan lingkar yang diminta pihak UBB, tidak ditanggung sendiri oleh Pemkab Bangka tetapi juga oleh Pemprov Babel.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved