Cuaca Ekstrem, Harga Sejumlah Barang di Beltim Diperkirakan Akan Naik

Jelang Natal dan Tahun Baru 2018 persedian sembako dan barang kebutuhan di Kabupaten Beltim diklaim masih melimpah.

Cuaca Ekstrem, Harga Sejumlah Barang di Beltim Diperkirakan Akan Naik
ist
Tim Monitoring Harga Barang Kebutuhan Kabupaten Beltim dan Polres Beltim di Pasar Mekar Jaya 

Laporan Wartawan Pos Belitung, Dedy Qurniawan

BANGKAPOS.COM, BELITUNG TIMUR- Jelang libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018 persedian sembilan barang pokok dan barang kebutuhan di Kabupaten Belitung Timur diklaim masih melimpah.

Meski mayoritas harga barang saat ini tetap stabil, namun diperkirakan beberapa harga barang akan naik mengingat kondisi cuaca ekstrem.

Siaran pers Diskominfo Beltim menyebutkan, berdasarkan pantauan Tim Monitoring Harga Barang Kebutuhan Kabupaten Beltim dan Polres Beltim di Pasar Mekar Jaya, Agen Sembako Klenteng Manggar dan Pasar Laskar Pelangi Gantung, Jum’at (22/12/2017), kenaikan harga hanya terjadi pada cabai, tomat dan kacang buncis. Selain itu, harga ikan juga tetap tinggi karena nelayan sulit turun ke laut.

 “Semua cabe naik, baik yang kecil maupun besar, naiknya Rp 5 ribu perkilo. Sekarang masih Rp 55 ribu perkilo, pengiriman besok sudah naik jadi Rp 60 ribu perkilo,” ungkap seorang Pedagang Sayur di Pasar Mekar Jaya Manggar, Heri Ismanto (34) seperti dikutip dalam siaran pers tersebut.

 Heri mengatakan kenaikan harga dipengaruhi oleh tingginya gelombang di laut dan musim hujan. Kenaikan harga sudah dialami oleh para pedagang di Pulau Jawa. 

 “Dari Jawa harganya sudah naik. Ditambah kondisi gelombang gede buat kapal-kapal susah bawak barangnya,” kata Heri.

Berbeda dengan Cabe, harga daging ayam turun. Sedangkan harga daging sapi tetap stabil.

“Daging ayam turun Rp 2.000 sampai Rp 5.000 perkilo, daging sapi tetap stabil. Stoknya sebenarnya tidak terlalu banyak kita ngambil dari Tanjung,” ungkap Rully salah seorang pedagang di Pasar Mekar Jaya

Untuk sembako dan barang kebutuhan lainnya kondisi stok masih relatif stabil. Bahkan bisa dibilang melimpah karena beberapa agen memilih untuk menumpuk barang menyambut pergantian akhir tahun.

Halaman
12
Penulis: Dedi Qurniawan
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved