Partisipasi Politik Perempuan Kunci Utama Keberhasilan Pilkada 2018

Partisipasi politik perempuan pada pilgub 2017 lalu sebesar 58 persen, dan laki-laki yakni sebesar 61 persen.

Partisipasi Politik Perempuan Kunci Utama Keberhasilan Pilkada 2018
(nurhayati/bangkapos.com)
Sosialisasi peran serta perempuan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka, Sabtu (23/12/2017) di Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Kabupaten Bangka Siti Aminah mengatakan, pilkada merupakan sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat, melalui penyelenggaraan pilkada ini digantungkan harapan untuk membentuk pemerintahan yang memiliki legitimasi yang bertumpu pada kehendak rakyat untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan keadilan sosial.

Untuk mewujud harapan tersebut partisipasi politik perempuan menjadi kunci utama keberhasilan pilkada.

Partisipasi politik perempuan pada pilgub 2017 lalu sebesar 58 persen,  dan laki-laki yakni sebesar 61 persen.

"Partisipasi politik dalam pilkada adalah partisipasi dan kesadaran kritis dalam penggunaan hak politik menanggapi seluruh proses dan tahapan pilkada. Singkatnya partisipasi politik rakyat termasuk kita perempuan adanya pengetahuan dan pemahaman politik atau melek politik," kata Siti Aminah saat membuka sosialisasi peran perempuan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka yang diselenggarakan KPU Kabupaten Bangka, Sabtu (23/12/2017) di Gedung Sepintu Sedulang Sungailiat.

Dengan kesadaran dan pengetahuan adanya hak-hak politiknya, perempuan sebagai pemilih akan dapat menggunakan hak pilihnya secara mandiri dan cerdas. Oleh karena itu diperlukan pendidikan politik untuk memberdayakan perempuan.

"Perempuan bukan hanya datang mencoblos tetapi juga bisa menjadi penyelenggara pemilu. Dalam perekrutan PPK dan PPS dari kalangan perempuannya sudah meningkat," ungkap Siti Aminah.

Dia berharap pada pilkada tanggal 27 Juni 2017 nanti partisipasi politik masyarakat bisa meningkat karena pilkada Bangka aman dan damai tidak akan terealisasi tanpa dukungan dan kerjasama semua unsur lapisan masyarakat di Kabupaten Bangka.

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help