BangkaPos/

Restunemi Minta Perempuan Jangan Takut untuk Maju

Keterwakilan perempuan di legislatif sebesar 30 persen sudah terpenuhi, dari 35 anggota DPRD Kabupaten Bangka ada lima orang perempuan.

Restunemi Minta Perempuan Jangan Takut untuk Maju
(nurhayati/bangkapos.com)
Sosialisasi peran serta perempuan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka, Sabtu (23/12/2017) di Kabupaten Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Pemerintahan Setda Bangka Restunemi menilai partisipasi masyarakat berdasarkan hasil pemilihan gubernur (pilgub) tahun 2017 sangat rendah yakni 58 persen. Pada pilkada tahun 2018 nanti diharapkan partisipasi pemilih perempuan bisa naik sebesar 77 persen.

"Dalam pilgub lalu peran partisipasi perempuan cukup tinggi sebesar 61 persen. Untuk itu melalui sosialisasi ini bagaimana perempuan juga berperan langsung sebagai penyelenggara dan peserta pilkada," ungkap Restunemi pada acara sosialisasi peran serta perempuan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bangka, Sabtu (23/12/2017) di Kabupaten Bangka.

Diakuinya keterwakilan perempuan di legislatif sebesar 30 persen sudah terpenuhi, dari 35 anggota DPRD Kabupaten Bangka ada lima orang perempuan.

Untuk itu ia minta agar perempuan berani tampil dan tidak perlu takut jika ingin memajukan pemerintahan. Namun perempuan tidak melupakan kondratnya sebagai perempuan dan istri dalam rumah tangga.

"Kalau sudah jadi anggota dewan, jadi staf ahli jangan takut ulekan dan kuali. Di pemerintahan gender sangat diagung-agungkan untuk kesetaraan dengan laki-laki, tapi tidak bisa dipungkiri kodrat perempuan sebagai wanita seutuhnya. Jangan ibu-ibu datang ke TPS, suami merokok di rumah tapi bagaimana mengajak masyarakat untuk berpartisipasi," jelas Restunemi.

Dia berharap dengan sosialisasi ini peran serta perempuan pada pilkada 2018 meningkat. Menurutnya, siapapun yang menjadi pemimpin harus cerdas dan legowo.

"Kita bangga dengan Kabupaten Bangka tidak pernah ada yang ribut makanya Kabupaten Bangka tentram dan damai mungkin kecerdasan politik kita sudah lebih baik," kata Restunemi.

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help