Ini Lho Manfaat Lobak yang Jarang Kita Ketahui

Lobak dilengkapi dengan kandungan antibakteri dan antipiretik yang dapat meredakan demam, flu, dan radang tenggorokan

Ini Lho Manfaat Lobak yang Jarang Kita Ketahui
PRFm
Lobak putih 

BANGKAPOS.COM-- Jika tidak suka lobak, Anda rugi sekali karena sayuran umbi ini punya segudang manfaat untuk tubuh kita. Lobak mungkin tak terlalu banyak digunakan dalam masakan. Beberapa masakan populer yang menggunakan lobak sebagai hidangan antara lain soto bandung, tumis lobak, atau dijadikan acar sebagai pendamping masakan di Manado. Sementara di Singapura, lobak sangat populer menjadi sajian carrot cake yang teksturnya mirip seperti kwetiauw.

Terlepas dari kurang populernya lobak, ternyata sayuran ini punya beberapa manfaat, lho. Khususnya di musim pancaroba seperti saat ini. Flu dan radang tenggorokan biasanya menyerang di saat sistem kekebalan tubuh kita melemah.

Lobak dilengkapi dengan kandungan antibakteri dan antipiretik yang dapat meredakan demam, flu, dan radang tenggorokan. Tentu saja soto bandung atau sup lobak boleh  jadi pilihan untuk penyajiannya.

Tak hanya meredakan demam dan flu, lobak ternyata juga menjadi solusi alternatif jika Anda mengalami gejala sulit tidur. Penelitian menemukan kandungan alkaloid di dalam lobak. Zat ini memiliki efek meredakan syaraf pada tubuh kita.

Efek inilah yang dapat membantu penderita gangguan sulit tidur lebih rileks dan membuat tubuh bisa lebih mudah tidur. Tak heran para ahli menyebut lobak sebagai tanaman antiinsomnia, hipnotis, dan saporifis (memudahkan tidur).

Caranya, para herbalis menganjurkan agar lobak dipotong-potong kecil, lalu dibuat jus. Anda BOLEH menambahkan perasan jeruk nipis dan gula agar rasanya tidak terlalu tawar. Minuman ini bisa dikonsumsi secara teratur menjelang tidur hingga gejala insomnia berkurang.

Lobak juga diperkaya dengan kandungan air dan serat. Duet kandungan ini manfaatnya tak kalah paten untuk tubuh Anda. Kandungan serat dan cairan lobak dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga Anda cenderung makan lebih sedikit.

Itu artinya, lobak punya manfaat bagi Anda ayang ingin berdiet atau sedang menjaga berat badan agar tidak bertambah. Selain memberikan efek kenyang, kandungan air dalam lobak juga punya manfaat diuretik, yaitu melancarkan buang air kecil sehingga dapat membantu membersihkan ginjal dan saluran kencing.

Dengan manfaat lobak yang segudang, Anda bisa mempertimbangkan agar lobak menjadi salah satu sayuran yang wajib tersedia di dapur Anda. Jika bingung ingin mengolahnya jadi apa, Anda bisa menengok resepnya di website kesayangan Anda ini, lho. Selamat mencobanya.

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved