Polres Pangkalpinang Dapat Nilai Tertinggi se-Indonesia Untuk Pelayanan SIM dan SKCK

Polresta Pangkalpinang memiliki nilai rata-rata tertinggi dari 153 Polres/Polresta se-Indonesia yang dijadikan

Polres Pangkalpinang Dapat Nilai Tertinggi se-Indonesia Untuk Pelayanan SIM dan SKCK
Bangka Pos / Ryan Agusta
Ketua Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Bangka Belitung, Jumli Jalamudin 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Iwan Satriawan

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Polresta Pangkalpinang berhasil meraih nilai rata-rata tertinggi dari 153 Polresta se Indonesia yang dijadikan sampel penilaian Ombudsman RI untuk pelayanan SIM dan SKCK.

Penilaian 153 Polres/Polresta di Indonesia yang dijadikan sampel kepatuhan 2017 inidilakukan oleh Ombudsman RI pada bulan Mei-Agustus 2017 yang lalu dengan produk pelayanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dan permohonan SIM baru perseorangan (SIM A dan C).

"Untuk 5 (lima) Polres/Polresta di Bangka Belitung dengan nilai rata-rata produk layanan tersebut termasuk yang memperoleh nilai kepatuhan tinggi (zona hijau) dalam standar pelayanan publik, yaitu Polresta Pangkalpinang dengan nilai rata-rata 106, Polres Belitung Timur dengan nilai rata-rata 101, Polres Bangka dengan nilai rata-rata 100, Polres Bangka Barat dengan nilai rata-rata 98, dan Polres Belitung dengan nilai rata-rata 94, dari 153 Polres/Polresta di Indonesia yang dijadikan sampel penilaian untuk unit pelayanan tersebut," ungkap Kepala Ombudsman RI Perwakilan Babel, Jumli Jamaluddin, Senin (25/12/2017).

Nilai masing-masing produk pelayanannya Polresta Pangkalpinang untuk SKCK nilai 105 dan SIM nilai 107, Polres Beltim untuk SKCK nilai 100 dan SIM nilai 102, Polres Bangka untuk SKCK nilai 98,50 dan SIM nilai 101,50, Polres Babar untuk SKCK nilai 89 dan SIM nilai 107, dan Polres Belitung untuk SKCK nilai 100 dan SIM nilai 88.

Polresta Pangkalpinang memiliki nilai rata-rata tertinggi dari 153 Polres/Polresta se-Indonesia yang dijadikan sampel tersbut, dengan nilai rata-rata 106 akumulasi dari produk pelayanan penerbitan SKCK nilai 105 dan permohonan SIM baru perseorangan (SIM A dan C) nilai 107 dari nilai akumulasi maksimal 110 untuk zona hijau.

Sedangkan dibawah Polresta Pangkalpinang beberapa Polres/Polresta lainnya yang memiliki nilai rata-rata tinggi seperti Polres Karimun, Polres Banjar, Polres Tabalong, Polres Kulonprogo, Polres Pinrang, Polres Yogyakarta dan seterusnya.

"Kualifikasi tingkat kepatuhan adalah, kepatuhan rendah (zona merah) nilai 0-55, kepatuhan sedang (zona kuning) nilai 56-88, dan kepatuhan tinggi (zona hijau) nilai 89-110," jelasnya.

Menurut Jumli, penilaian kepatuhan tinggi (zona hijau) terhadap standar pelayanan publik sebagaimana amanah UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik yang dilakukan terhadap instansi/lembaga vertikal telah diumumkan dan disampaikan kepada masing-masing Kementerian/Lembaga pada tanggal 5 Desember 2017 di Balai Kartini Jakarta secara nasional beberapa waktu lalu.

Penyampaian hasil penilaian Ombudsman RI pada tahun 2017 tersebut disampaikan melalui kementerian/lembaga di pusat hal serupa juga disampaikan hasil penilaian dan penghargaan kepada beberapa kementerian dan lembaga yang memproleh zona hijau.

Halaman
12
Penulis: Iwan Satriawan
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved