Inilah Jet Tempur Israel yang Sukses Mengalahkan Negara-negara Arab Secara Licik

Di Israel, jet-jet Mirage ini dinamai Shahak yang bermakna “harapan”. Selain Mirage-IIICI, Israel juga mendapatkan tipe Mirage-IIIB yang

Inilah Jet Tempur Israel yang Sukses Mengalahkan Negara-negara Arab Secara Licik
Lockonfiles.com
Shahak 

BANGKAPOS.COM--Dalam Perang Enam Hari (1967) dan Perang Yom Kippur (1973) Israel berhasil memenangkan pertempuran melawan negara-negara Arab berkat taktiknya yang jitu.

Untuk menghindari dikeroyok dalam pertempuran udara, misal satu  jet tempur Mirage Israel harus melawan lima MIG-21 milik Arab, AU Israel menerapkan’’ taktik  licik’’ yakni menyerang terlebih dahulu sebelum diserang. 

Oleh karena itu militer Israel menerapkan strategi tempur dengan cara  memilih menyerang  jet-jet tempur seteru Arab-nya selagi  masih di darat.

Saat Israel memutuskan untuk melakukan serangan dadakan ( pre-emptive strike)  pada 5 Juni 1967, jumlah pesawat yang dapat diandalkan sesungguhnya hanya 65 unit pesawat.

Perang Enam Hari
Perang Enam Hari (Jerusalem Post)

Pesawat-pesawat andalan AU Israel itu  berasal dari jenis Mirage-IIICI buatan Prancis  yang ditenagai satu unit mesin SNECMA Atar 9C dengan afterburner ini bisa melesat dengan kecepatan Mach 2.2. 

Pesawat ini adalah tandingan setara bagi jet tempur  MiG-21 buatan Rusia yang saat itu dimiliki oleh negara-negara Arab

Di sisi lain  Mirage unggul dalam daya tahan bahan bakar, sementara MiG-21 punya kelebihan siluet yang ramping dan kecil hingga sulit dibidik. 

Jika kedua pesawat itu  terpaksa harus bertarung di udara (dogfight) 2 lawan 1 atau 5 lawan 1, MiG-21 jelas akan mengalahkan Mirage dengan mudah.

Jet tempur  buatan Dassaull yang terbang perdana pada 25 Juni 1955 itu dapat melesat hingga dua kali kecepatan suara. 

Awalnya pesawat ini dirancang untuk menandingi pesawat British Electric Lighting dan Lockheed Starfighter buatan AS. 

Halaman
123
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: Intisari
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help