Atasi Banjir, Mendra Sarankan Pemkab Bangka Lakukan Pendalaman Saluran Air

Peran pemerintah daerah harus ditingkatkan dan kemarin kita sudah koordinasi dengan Pak Tarmizi

Atasi Banjir, Mendra Sarankan Pemkab Bangka Lakukan Pendalaman Saluran Air
Bangkapos/Nurhayati
Mendra Kurniawan 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bangka Mendra Kurniawan menilai banjir yang terjadi di beberapa titik di Kecamatan Sungailiat diantaranya di Pasar Inpres, Kantor Bupati, dan Pohin, Kamis (28/12/2017) kemarin perlu segera diantisipasi oleh Pemkab Bangka agar tidak meluas dan permanen.

Dia juga ikut memantau kondisi banjir bersama Anggota Satpol PP Kabupaten Bangka Adam dan Rahman di beberapa titik banjir yang menjadi langganan banjir.

Menurutnya dari hasil pantauannya selain faktor hujan juga akibat pembuangan sampah sembarangan dan bekas tambang inkonvensional yang terjadi di daerah resapan.

"Peran pemerintah daerah harus ditingkatkan dan kemarin kita sudah koordinasi dengan Pak Tarmizi (Bupati Bangka H Tarmizi Saat--red) untuk ke depan sesuai programnya ada perbaikan masalah bandar agar dilakukan pendalaman. Kalau pelebaran kayaknya untuk secara  total apalagi di Pasar Inpres karena imbas Pasar Inpres ini akan ke Pelabuhan dan Nelayan karena ada bangunan yang tidak mungkin di geser. Satu-satunya jalan dilakukan pendalaman dan bersihan secara berkala," jelas Mendra kepada bangkapos.com, Jumat (29/12/2017) di DPRD Kabupaten Bangka.

Politisi Partai Gerindra ini mengaku faktor utama penyebab banjir memang intensitas hujan yang tinggi.

Namun dari pantau saluran air kecil tidak bisa menampung luapan air dan sampah yang banyak dibuang di saluran air menyebabkan air aliran tersendat.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved