Curah Hujan Tinggi, Ratusan Rumah Warga Parit Pekir Terendam Banjir

Ratusan rumah warga di RT 04 Lingkungan Parit Pekir Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka terendam banjir

Curah Hujan Tinggi, Ratusan Rumah Warga Parit Pekir Terendam Banjir
Bangkapos/Edwardi
Saluran air dangkal dan meluap

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Ratusan rumah warga di RT 04 Lingkungan Parit Pekir Kelurahan Sungailiat Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka terendam banjir.

Banjir terjadi akibat curah hujan yang lebat selama kurang lebih 2 jam dari pukul 13.30 WIB sampai 15.30 WIB, Kamis (28/12/2017).

Rozi, warga RT 04 Parit Pekir mengatakan warga marah dan kesal dengan janji-janji pihak Dinas PU Pemkab Bangka, karena para pegawiainya sudah berulangkali melakukan survey dan meninjau lokasi ini untuk dilakukan pengerukan alur sungai dan meninggikan tanggul saluran.

“Janjinya tahun anggaran 2017 ini mau dikeruk dan ditinggikan, namun sampai akhir Desember 2017 ini belum ada juga upaya pengerukan ini,” kata Rozi didampingi Nasir kepada Bangkapos,com, Jumat (29/12/2017) di rumahnya.

Diakuinya memang dulu ada pengerukan di bagian hilir sungai dekat PPN Sungailiat itu dengan PC, namun untuk saluran air yang melintasi perkampugan masyarakatnya belum ada yang dikeruk.

“Kalaupun alasan APBD tidak cukup, pemda dak punya duit tapi kenapa proyek yang tidak urgen (penting) seperti pembuatan RTH (ruang terbuka hijau) itu malah didahulukan, tapi saluran air untuk mengtasi banjir di perkampungan masyarakat dibiarkan saja,” imbuhnya. 

Rozi dan warga berharap agar saluran sungai ini diperlebar dan diperdalam, serta dibuatkan tambahan tanggul yang lebih tinggi sekitar 1 meter.

“Hal ini sesuai dengan hasil peninjauan reknis dinas PU yang lalu. Kami mengharapkan ada dana darurat untuk segera mengatasi persoalan banjir di daerah ini. Apalagi dikhawatirkan puncak musim hujan di bulan Januari 2018  nanti akan lebih besar lagi dari saat ini,” harapnya.

Penulis: edwardi
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved