Advetorial

Desa Air Duren Optimalkan Pembangunan Fisik, Wisata Budaya dan BUMDes

Selama tahun 2017, Desa Air Duren menggalakkan pembangunan, potensi dan prestasi dengan berbagai program

Desa Air Duren Optimalkan Pembangunan Fisik, Wisata Budaya dan BUMDes
ist
Desa Air Duren Optimalkan Pembangunan Fisik, Wisata Budaya dan BUMDes 

BANGKAPOS.COM--Selama tahun 2017, Desa Air Duren menggalakkan pembangunan, potensi dan prestasi dengan berbagai program, kegiatan rutin maupun perlombaan yang bersifat partisipatif.

Desa yang lahir 1 September 1987 lalu ini menjadi desa penyangga terdekat dengan Kecamatan Pemali.

Kepala Desa Air Duren, Saiful Ahyar menuturkan pembangunan yang telah dilakukan antara lain program fisik seperti jalan, siring, bangunan PAUD, rehab posyandu dan lain-lain.

Sedangkan pengembangan sumber daya masyarakat dilakukan dengan digiatkannya pelatihan sablon yang diikuti Karang Taruna, pemberdayaan PKK lewat kerajinan tangan dan toga.

"Untuk toga dan PKK kita mendapat juara 2 Lomba Tingkat Kabupaten Bangka tahun 2017," ungkap Saiful Ahyar.

Seluruh program sebelumnya dibahas dari tingkat dusun, desa sebelum diajukan ke kecamatan dan kabupaten. Sinergisitas juga dilakukan bersama stakeholder terkait seperti BPD, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, sarjana membangun desa, Babinsa/Bhabinkamtimas dalam berbagai kesempatan, termasuk anggota TNI lainnya dan Polsek Pemali.

"Ini penting kita lakukan untuk menciptakan harmonisasi di Desa Air Duren yang penduduknya pluralisme. Bersama berbagai komponen masyarakat kita lakukan gotong royong, bakti sosial saat menangani banjir, pengarahan dan himbauan ke masyarakat dan lainnya," tukas Saiful didampingi Sekdes Air Duren, Kurnadi.

Desa Air Duren pun pada tahun 2017 telah memiliki produk desa sebagai upaya mewujudkan One Product One Village yakni Sagu Rarut.

Sagu Rarut merupaan produk olahan dari bahan-bahan tradisional oleh PKK selain juga terdapat olahan berupa jamu dari bahan toga.

Untuk BUMDes telah berdiri dengan nama Ardo yang memiliki motto "Berguyur (Bergerak, Maju, Yakin dan Makmur) dalam bidang usaha penyewaan tenda, organ tunggal, kursi, galon isi ulang, pencucian motor, dan sablon.

Dalam bidang pariwisata dan budaya, di Dusun Pohin Desa Air Duren telah memiliki tradisi khusus sembahyang rebut. Setiap tahunnya, Sembahyang Rebut di Kelenteng Cetya Dharma Abadi dipadati warga dan menjadi potensi wisata budaya yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Ada juga kegiatan senam sehat yang secara rutin dilakukan di Kantor Desa Air Duren melibatkan perangkat desa, ibu-ibu PKK serta warga sebagai wujud menjaga kebugaran tubuh. Desa Air Duren pun secara mandiri melaksanakan kegiatan seperti lomba mewarnai tingkat TK dan PAUD, maupun kegiatan rutin seperti Hari Kemerdekaan RI, HUT Kota Sungailiat, Bangka Expo dan sebagainya.

"Kita harap upaya pembangunan di tahun 2017 memberi manfaat bagi masyarakat. Kedepan kita terus mengembangkan potensi yang ada dan menciptakan prestasi di setiap ajang yang kita ikuti," ungkapnya. (advertorial/Pemdes Air Duren/chy/may)

Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved