Ada Lonjakan Harga Sembako Diawal Tahun, Satgas Pangan Akan Gelar Operasi Pasar

Memang terjadi kenaikan harga sembako terutama beras. Sekarang harga di pasaran untuk beras RM/TR naik dari biasanya Rp 57.000

Ada Lonjakan Harga Sembako Diawal Tahun, Satgas Pangan Akan Gelar Operasi Pasar
Bangkapos/Nurhayati
Thony Marza 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Sejak menjelang akhir tahun 2017 hingga awal tahun 2018 ini harga-harga sembilan bahan pokok (sembako) di Kabupaten Bangka mengalami lonjakan.

Melonjaknya harga sembako ini dibenarkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bangka Thony Marza.

"Memang terjadi kenaikan harga sembako terutama beras. Sekarang harga di pasaran untuk beras RM/TR naik dari biasanya Rp 57.000 sekarang rata-rata Rp 62.000. Tetapi untuk merek-merek tertentu seperti KTJ belum mengalami kenaikan karena masih menjual stok lama yaitu Rp 49.000," jelas Thony kepada bangkapos.com, Selasa (2/1/2018).

Kenaikan ini sudah mulai terjadi sekitar pertengahan Desember 2017 lalu. Berdasarkan informasi yang diperoleh pihaknya dari salah satu distributor beras yang ada di Pangkalpinang, kenaikan harga ini terjadi dari pasar induk yang ada di Jakarta.

Hal ini terjadi kemungkinan karena harga beli gabah di tingkat petani juga meningkat akibat kondisi cuaca sekarang ini.

Untuk mengatasi ini lonjakan harga sembako tersebut, rencananya Pemkab Bangka bekerjasama dengan Pemprov Babel dan para distributor akan melakukan operasi pasar distributor di Kecamatan Sungailiat.

Namun menurut Thony untuk waktunya akan di tetapkan kemudian.

"Mudah-mudahan intervensi pasar melalui operasi pasar ini dapat sedikit membantu masyarakat mengurangi beban pengeluaran," harap Thony.

Disamping itu untuk Kabupaten Bangka disalurkan sebanyak 85 ton beras dari Bulog Babel dengan harga Rp 8.100.

Namun menurut intruksi Menteri Perdagangan Republik Indonesia, bahwa Bulog wajib menyalurkan beras tersebut ke distributor dengan harga Rp 8.000 per kilogram sehingga berdasarkan rapat distributor dengan Satgas Pangan Provinsi Babel harga eceran dijual dengan harga maksimal Rp 9.000 perkilogram.

Namun upaya ini terbatas sampai situasi harga normal kembali.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help