Ini Dia Diet yang Disarankan untuk Menanggulangi Bahaya Merokok

Perokok mempunyai risiko tiga sampai empat kali lebih besar terkena penyakit ini dari pada yang tidak merokok.

Ini Dia Diet yang Disarankan untuk Menanggulangi Bahaya Merokok
sajiansedap
Untuk Menanggulangi Bahaya Merokok, Ini Dia Diet yang Bisa Anda Ikuti 

BANGKAPOS.COM-- Yuk, belajar menanggulangi bahaya merokok dengan diet yang benar. Merokok adalah salah satu faktor risiko utama penyakit jantung koroner. Perokok mempunyai rIsiko tiga sampai empat kali lebih besar terkena penyakit ini dari pada yang tidak merokok.

Kebiasaan merokok yang berlebihan dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal tersebut disebabkan karena nikotin yang terdapat di dalam tembakau merupakan vasokonstriktor yang dapat membuat pembuluh darah menciut. Akibatnya terjadi penyempitan pembuluh darah sehingga jumlah darah yang dapat mencapai jantung berkurang. Nah, masih ingin merokok?

Nikotin dapat juga menaikkan arus adrenalin dalam tubuh, menyebabkan jantung memompa lebih cepat dan bekerja lebih keras. Zat ini menaikkan tekanan darah meyebabkan detak jantung yang tidak teratur, bahkan mempermudah penggumpalan darah dalam semua ini meningkatkan risiko terkena serangan jantung stroke dan tukak lambung.

Kedua penyakit tersebut juga didukung oleh mengkonsumsi makanan yang terlalu berlemak, terlalu manis, dan tinggi protein hewani. Oleh karena itu para perokok dan orang yang berhenti merokok dianjurkan mengkonsumsi lemak yang berasal dari protein nabati, mengurangi konsumsi gula dan makan makanan yang berserat, dimana serat dianggap dapat menghilangkan kelebihan lemak dalam usus, sehingga tidak masuk dalam aliran darah.

Salah satu cara mengurangi konsumsi lemak jenuh adalah dengan menghindari sumber protein hewani seperti jerohan dan daging. Begitu pula makanan yang terlalu berlemak seperti kue tart, kuning telur, dan aneka cemilan manis.

Sebaliknya, diet yang disarankan untuk menanggulangi bahaya merokok adalah memperbanyak konsumsi lemak tak jenuh. Asalnya adalah dari makanan sumber protein nabati. Memperbanyak konsumsi serat yang didapatkan dari buah dan sayuran segar juga baik kita lakukan. Yuk, kita ikuti agar badan sehat selalu dan jangan lupa untuk menghentikan kebiasaan merokok! 

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help