Inilah Peluang Bisnis yang Bakal Booming di Tahun 2018

Tren bisnis berbasis teknologi internet diprediksi akan booming pada tahun 2018 ini.

Inilah Peluang Bisnis yang Bakal Booming di Tahun 2018
Kompas.com/Didit Putra Erlangga Rahardjo
Youtuber foto bersama pada salah satu sudut di acara Youtube Happy Hour Jakarta, Jumat (26/12/2014). 

BANGKAPOS.COM - Tren bisnis berbasis teknologi internet diprediksi akan booming pada tahun 2018 ini.

Peluang usaha ini akan menjanjikan dan meguntungkan karena pasarnya yang lebih luas, dan sesuai dengan karakteristik zaman now.

Saat ini beragam aktivtas sudah menggunakan internet. Bahkan di beberapa kelompok masyarakat kota, internet sudah menjadi kebutuhan primer.

Internet menjadi faktor yang tak kalah pentingnya dengan kebutuhan  pokok.

Mau tidak mau, pelaku bisnis harus ikut pula menyesuaikan diri dan menangkapnya sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Berikut ini adalah 3 jenis bisnis dengan media internet yang akan menjadi inspirasi peluang usaha 2018 paling potensial dengan modal yang tidak terlalu besar.

//

1. Be A You Tuber

Google pasti punya dukun yang sangat sakti, atau mungkin intuisi bisnis yang sangat kuat, waktu mereka memutuskan membeli YouTube pada tahun 2006.

YouTube yang pada saat itu hanyalah sebuah situs kecil independen yang baru berumur setahun, dibeli dengan harga bombastis 1,65 miliar dollar AS atau setara Rp 23,76 triliun (kurs Rp 14.000 per dollar AS)  yang membuat seluruh dunia kaget. Emang seistimewa itukah?

Sejumlah youtuber Indonesia
Sejumlah youtuber Indonesia (Vidio.com)
//

Namun pertanyaan tentang keistimewaan YouTube itu terjawab dengan hampir segera, karena sejak pembeliannya hingga saat ini, YouTube telah menjadi nama terbesar di dunia internet!

Nama yang bukan hanya menghasilkan uang jauh lebih besar untuk Google, tapi juga untuk sebagian besar penggunanya!

Baik direncanakan atau tidak, YouTube berkembang menjadi semacam industri tersendiri, dengan pengguna yang dapat menjadikan YouTube sebagai lahan untuk peluang mendapatkan income, atau bahkan sebagai profesinya!

Mereka ini lebih akrab disebut dengan istilah “YouTuber”, kata Dedy Dahlan seperti dikutip dari Kompas.com.

YouTuber, baik individu, kelompok, komunitas, hingga perusahaan besar, memproduksi video- video uniknya sendiri, khusus untuk ditampilkan di YouTube, dan percaya nggak percaya, sebagian dari mereka berhasil meraih kesuksesan dan menjadikan YouTube sebagai sumber mata pencaharian.

Dengan membuat video sesuai Passion mereka, YouTube membantu mereka menjadi passionpreneur!

Semakin banyak yang menonton video anda, maka akan makin banyak pula uang yang Anda dapatkan.

Uang itu berasal dari iklan yang muncul jka penonton menekan tombol klik.

Dan anda tahu, saat ini sudah banyak video populer yang dikunjungi seperti video tutorial, video lucu mupun rekaman karya pribadi.

Tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan kabar berita bahwa ada seseorang yang bisa menghasilkan uang dari internet hingga ratusan juta rupiah.

Ini memang bukan berita bohong karena dijaman teknologi internet seperti sekarang ini siapapun bisa mengekspresikan dirinya dengan beragam kreatifitas yang dimiliki sehingga dapat menjadikan sumber penghasilan.

2. Buka Toko Online (OLSHOP)

Ilustrasi took online
Ilustrasi took online (GettyImages)

Beberapa tahun yang lalu masyarakat masih banyak yang ragu untuk berbelanja pada sebuah toko online, karena mereka belum terbiasa dan terlalu kawatir akan tertipu mengingat transaksi jual belinya tidak terjadi secara nyata atau bertemu muka.

Selain itu bisnis online shop masih didominasi oleh situs situs besar seperti e-bay, amazon yang proses pembayarannya memerlukan kartu kredit dan sebagaimana yang kita tahu bahwa tidak semua orang bisa dengan mudah membuat kartu kredit khususnya masyarakat Indonesia.

Nah, saat ini toko online yang dibangun oleh anak negeri kita sudah hampir setara kepopulerannya dengan olshopp sekelas e-bay, lazada dan masih banyak lagi.

Ambil contoh saja situs marketplace seperti bukalapak.com karya anak bangsa yang omsetnya sudah mencapai miliar rupiah perbulan, hal ini merupakan prestasi yang luar biasa dan patut untuk kita contoh.

Kemudian mudahnya lagi sekarang ini tidak harus pusing wajib melakukan pembayaran belanja online dengan kartu kredit melainkan cukup banyak tersedia pilihan metode pembayaran seperti transfer rekening melalui ATM, rekening bersama, maupun e-money.

Cara membuat toko online paling mudah untuk pemula

Sangat banyak jenis toko online yang bisa dibangun dengan mudah bahkan bisa dilakukan oleh pemula tanpa harus membuat situs web online shop seperti dikutip dari centrausaha, diantaranya ialah:

Bisnis dropship – Tidak jauh berbeda dengan toko online lainnya, disini juga akan terjadi transaksi jual beli.

Pemilik olshop bisa menawarkan dagangan yang diperoleh dari suplier melalui akun sosial media facebook, Instagram, LINE dan masih banyak lagi.

Trade situs forum – Kaskus adalah contoh situs forum yang paling terkenal dan banyak media-media terkemuka yang menyediakan forum dengan kategori jual-beli, seperti Kompas, Detik, dan sebagainya.

Marketplace – Bukalapak merupakan salah satu pasar online (online marketplace) terkemuka di Indonesia (biasa dikenal juga dengan jaringan toko online).

Siapa saja bisa daftar dan membuka akun disana untuk menawarkan dagangan secara online.

Alasan mengapa toko online menjadi peluang bisnis menjanjikan? Melihat tingkat kesibukan masyarakat sekarang ini mereka ingin memperoleh sesuatu yang cepat dan praktis.

Belanja secara online bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa menghabiskan banyak waktu apalagi padatnya jalan raya seringkali yang menjadi penghambat dan terbuangnya energi dengan sia sia.

Menjalankan sistem affiliasi raih penghasilan dari internet juga menjai alternatif bisnis yang menjanjikan. Anda bisa raup hingga jutaan rupiah perhari

Bisnis affiliate marketing memang masih belum begitu populer di Indonesia meskipun bagi beberapa blogger sudah banyak yang merasakan nikmatnya penghasilan dari bisnis internet yang satu ini.

Beberapa jenis bisnis affiliasi yang paling umum dilakukan oleh para internet marketer diantaranya ialah:

Affiliasi Amazon – Salah satu yang paling terkenal di dunia dan sangat potensial bisa menghasilkan keuntungan sangat besar apabila anda memiliki web berbahasa inggris dan bisa membuat ulasan mengenai produk yang di jual oleh Amazon.

Affiliasi Lazada – Adalah sistem afiliate marketing lokal yang jangkauan pasarnya masih terbatas untuk pengunjung web Indonesia meskipun peluang penghasilannya tidak sefantastis dari amazon, clickbank, dn lainnya.

CPA (cost per action) – Untuk yang satu ini lebih menggiurkan lagi karena pada umumnya pihak pengiklan berani membayar sangat mahal untuk satu action yang berhasil anda pasarkan.

Dari ketiga contoh bisnis internet tanpa modal tersebut hanya membutuhkan keahlian anda dalam melakukan review atau mengulas sebuah produk dengan harapan ada konsumen yang tertarik kemudian terjadi transaksi.

Untuk setiap transaksi yang terjadi maka anda akan memperoleh komisi dari pemilik produk yang anda pasarkan dengan nilai yang berbeda beda.

Tetapi yang paling direkomendasikan apabila anda ingin mendapatkan uang dari internet dan telah menguasi sedikit teknik pemasaran secara online ialah mencoba program CPA.

Pada bisnis CPA ini anda akan dibayar jika berhasil mengajak calon konsumen untuk melakukan aksi terhadap link yang anda rekomendasikan.

Bentuk aksi yang dibayar mulai dari tahap registrasi, memasukkan data hingga terjadinya deal atau validasi yang mana semua akan diperhitungkan dan ada komisinya dari pihak pengiklan. Cukup menggiurkan bukan??

3. Online Service

Pilihan peluang usaha yang akan booming di 2018 berikutnya adalah bisnis jasa dan layanan yang dikemas dalam media online dan menggunakan jaringan internet.

Beberapa contoh bisnis layanan yang saat ini sudah mulai mengembangkan sayapnya dengan memanfaatkan fitur teknologi jaringan internet diantaranya ialah:

Booking Online

Ilustrasi bisnis jasa layanan secara online
Ilustrasi bisnis jasa layanan secara online (The Poketechh)

Sudah tidak bisa dihindari bahwa bisnis digital yang satu ini dinilai menjadi solusi dalam membantu masyarakat untuk menembus kemacetan kota-kota besar Indonesia seperti sekarang ini.

Membandingkan dengan transportasi konvensional, transportasi online lebih disukai konsumen karena kemudahannya.

Sistem transportasi online cukup mudah dipesan hanya dengan satu sentuhan pada aplikasi smartphone, selain konsumen yang merasa lebih nyaman dalam perjalanan karena informasi rute dan data pengemudi dapat diperoleh dengan jelas.

Hal yang tidak kalah menariknya, penghasilan pengemudi UBER di kota kota besar yang sudah padat dengan tingkat kesibukan yang tinggi bisa mencapai Rp 500 ribu perhari, sangat fantastis bukan?

Selengkapnya simak cara daftar driver UBER dan beragam potensinya.

Demikian pula dengan bisnis reservasi atau booking hotel, tiket, maupun delivery barang lainnya yang sudah cukup mudah di akses tanpa beranjak dari tempat anda berada.

Kunci kesuksesan dari bisnis digital transportasi online terletak pada kemudahan konsumen dan pelayanan yang memuaskan.

Simak juga ulasan terkait mengenai prospek taksi online dengan modal mobil kredit serta artikel menarik lainnya tentang tempat mengajukan pinjaman uang secara online.

Jasa Digital Agency

Ilustrasi jasa digital agency
Ilustrasi jasa digital agency (Incode)

Berada di halaman awalGoogle tentu lebih berpeluang banyak untuk diklik. Tapi bisa berada di halaman pertamaGoogle bukanlah hal mudah.

Dibutuhkan digtal agency atau penyedia jasa promosi bidang jasa digital.

Dengan membuka peluang usaha jasa digital agency,maka perusahaan-perusahaan online akan mencari Anda untuk membantu memromosikan produk perusahaan itu agar dikenal lebih luas.

Dengan jasa ini, sebuah merek bisa melakukan buzz perusahaan atau perusahaan yang bergerak bidang periklananan di dunia online dngan menggunakan media online.

Digital agency merupakan kelompok usaha yang meawarkan jasa untuk beriklan dengan memanfaatkan media internet.

Beda dengan advertising agency konvesional yang biasanya dengan membuat baner di jalan-jalan atau iklan di televisi.

Digtal agency sendiri bisa mengubah iklan sehingga bisa melihat orang-orag melalui website atau online.

Dalam hal ini berperan untuk menjangkau target market secara online diperlukan strategi khusus bagi suatu merek atau brand dan tentunya dibutuhkan waktu yang panjang untuk dapat melakukannya.

Disinilah digital agency bisa menjadi solusi tepat dalam pemasaran.

Ada beragam solusi  yang dapat dikejakan oleh digital agency sebagai strategi pemasaran produk agar konsumen dapat terus menjangkaunya salah satunya dengan mengoptimalkan fitur sosial media.

Bisnis ini memiliki peluang cukup baik bahkan untuk tahun 2018 bisa jadi akan berkembang lebih dahsyat dari tahun tahun yang lalu. (Tribun Kaltim)

Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved