Home »

Lokal

» Bangka

Terkait HTI, Ada Tiga Perusahaan Pegang Izin di Kabupaten Bangka

Kepala Dinas Pertanian Bangka Kemas Arfani Rahman, mengakui belum mengetahui secara pasti soal pengalihan HTI ke Bangka

Terkait HTI, Ada Tiga Perusahaan Pegang Izin di Kabupaten Bangka
Bangka Pos / Nurhayati
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Kemas Arfani Rahman, mengakui belum mengetahui secara pasti apakah pengalihan Hutan Tanaman Industri (HTI) dariSumsel  kepada Pulau Bangka atau untuk Kabupaten Bangka, karena tidak dijelaskan secara spesifik.

Namun di Kabupaten Bangka sudah ada tiga izin usaha konsensi HTI yakni oleh PT Inhutani seluas 15.000 hektar, PT Kawi Kencana seluas 13.000 hektar, dan PT Agro Pratama Sejahtera sekitar 10.000 hektar.

Untuk dua perusahaan yakni PT Inhutani dan Kawi Kencana sudah melakukan aktifitas di Kabupaten Bangka, sedangkan PT Agro Pratama Sejahtera sampai hari ini belum ada kegiatan.

"Untuk itu PT APS perlu di kaji ulang keberadaan izinnya karena sudah sejak lama dari tahun 2012, izin mereka dari Kementerian kehutanan sampai sekarang ini belum ada aktivitas," ungkap Kemas kepada bangkapos.com, Rabu (3/1/2018) di Kantor Pertanian Kabupaten Bangka.

Ditegaskannya, komitmen dari perusahaan yang mempunyai izin usaha konsesi HTI tersebut, berkewajiban bermitra dengan masyarakat minimal 15 persen dari luas kawasan, terdiri dari 10 persen untuk tanaman unggulan dan 5 persen untuk tanaman kehidupan.

"Komitmen tersebut sampai hari ini saya belum melihat eksistensinya, progresnya sampai sejauh mana. Karena setiap kemitraan yang berkaitan dengan petani, kelompok tani yang bermitra kepada perusahaan HTI biasanya meminta bantuan kepada kita dalam rangka usaha pertanian," ungkap Kemas.

Karena pihaknya belum menerima permintaan dari kelompok masyarakat yakni kelompok tani di sekitar wilayah kawasan hutan, maka dianggap komitemen  belum berjalan secara baik.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help