Ini Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

Ternyata tak hanya anak kecil saja yang wajib minum susu sebelum tidur. Kita sebagai orang dewasa juga sebaiknya minum susu

Ini Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur
Gaya Hidup - Dreamers.id
Manfaat minum susu sebelum tidur 

BANGKAPOS.COM--Ternyata tak hanya anak kecil saja yang wajib minum susu sebelum tidur. Kita sebagai orang dewasa juga sebaiknya minum susu. Dan ternyata, minum susu sebelum tidur punya banyak manfaat bagi kesehatan, lo. Apalagi bagi kita yang hidup di kota besar dan terkadang ditimpa stres secara berlebihan.

Ingin tahu apa saja manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari kebiasaan minum susu sebelum tidur? Simak di bawah ini, yuk!

Memperbaiki Kualitas Tidur

Saat sedang dilanda stres, kualitas tidur kita akan menurun. Hal itu bisa menyebabkan tidur tidak nyenyak atau justru di saat bangun pagi, kita akan merasa lelah. Padahal, kualitas tidur yang baik sangat diperlukan untuk bisa kembali beraktivitas dengan semangat di pagi hari.

Untuk itulah, para ahli menyarankan orang dewasa mengonsumsi susu hangat sebelum tidur. Susu mengandung asam amino yang bernama triptopan. Kandungan ini akan menstimulasi produksi zat serotonin dan melatonin di dalam tubuh. Nah, kedua zat inilah yang bisa membuat badan menjadi relaks. Setelah itu, kita bisa tidur dengan nyenyak.

Apalagi bagi penderita sembelit dan orang yang jam makannya tidak menentu, sangat disarankan minum susu. Minum susu hangat sebelum tidur akan membantu mengatasi kedua masalah tadi. Sebab, susu mengandung serat yang bisa melancarkan sembelit. Kandungan protein dan lemaknya pun bagus untuk memenuhi kandungan gizi mereka yang jam makannya tidak menentu.

Membantu Memulihkan Kondisi Tubuh

Bagi yang rajin berolahraga di gym juga disarankan untuk minum susu sebelum tidur. Otot-otot setelah olahraga akan menegang dan harus dilemaskan terlebih dahulu. Nah, susu bisa membantu melemaskan otot-otot yang tegang tadi,  sehingga bisa tidur dengan nyenyak tanpa merasa pegal-pegal setelah bangun tidur.

Oh iya, usahakan minum susu tanpa campuran gula, ya. Sebab, kandungan glukosa di dalam tubuh bisa kembali naik. Jika glukosa naik, maka energi tubuh pun akan ikut kembali. Jika sudah begitu, kita justru akan jadi sulit tidur karena tubuh merasa aktif. Bagi penganut vegetarian, bisa juga mengganti susu sapi dengan susu almond atau susu kedelai.

Jadi, bagi yang merasa waktu tidurnya selalu kurang, mungkin ini bukan soal waktu tidurnya yang kurang. Bisa jadi kualitas tidurnya yang tidak tercukupi. Semoga bermanfaat! (MA/Berbagai sumber)

 

Editor: khamelia
Sumber: Sajian Sedap
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help