Office Boy Beberkan Kronologis Aksi Mantan Kepala Rupbasan Gelapkan BB Timah

Sekitar pukul 10 malam pada bulan September 2017 aku disuruh bos (Joko Surono atau terdakwa--red) mengangkut

Office Boy Beberkan Kronologis Aksi Mantan Kepala Rupbasan Gelapkan BB Timah
Bangkapos/Ryan Agusta
Majelis hakim saat menunjukan berkas dakwaan perkara di hadapan saksi dan terdakwa saat persidangan kasus penggelapan barang bukti timah 1,6 ton yang menyeret mantan kepala Rupbasan Pangkalpinang, Joko Surono jadi terdakwa. 

Laporan wartawan Bangka Pos Ryan A Prakasa

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Aksi kejahatan penggelapan barang bukti (BB) timah berwujud potongan balok sebanyak 1,6 ton yang diduga dilakukan mantan kepala rumah penitipan barang sitaan negara (Rupbasan) Pangkalpinang akhirnya terungkap dalam sidang lanjutan yang digelar di gedung Pengadilan Negeri (PN) Pangkalpinang, Kamis (4/1/2018).

Hal tersebut terungkap di hadapan majelis hakim pengadilan setempat saat sidang berlangsung tatkala seorang Office Boy (OB) Rupbasan Pangkalpinang, Mustafa (25) mengungkapkan kesaksiannya di hadapan majelis hakim.

"Sekitar pukul 10 malam pada bulan September 2017 aku disuruh bos (Joko Surono atau terdakwa--red) mengangkut dua balok timah di dalam kaleng cat itu dari area parkiran kendaraan guna dibawa ke dalam gudang," kata Mustafa mencoba menceritakan kronologis kejadian di hadapan majelis hakim.

Lantas majelis hakim yang diketuai Sri Endang Ningsih SH MH pun seketika itu pula langsung menanyakan kepada saksi (Mustafa) perihal siapa yang pihak yang memerintahkan saksi (Mustafa) untuk mengangkut dua balok timah pada malam itu.

"Waktu itu siapa yang nyuruh kamu mengangkut dua balok timah itu?," tanya Sri lagi.

Spontan saksi pun mengaku jika ia waktu malam itu sengaja mengangkut dua balok timah tersebut tak lain atas perintah terdakwa, Joko Surono (mantan kepala Rupbasan Pangkalpinang).

"Yang nyuruh saya ngangkut balok timah waktu itu pak Joko bu hakim," kata saksi.

Sidang kali ini pihak jaksa penuntut umum (JPU) asal Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang menghadirkan 2 orang saksi lainnya yakni seorang buruh harian atau pekerja bangunan proyek Rupbasan Pangkalpinang, Rifandi (24) termasuk seorang saksi ahli dari PT Timah Tbk, Nono.

Saat sidang lanjutan perkara ini pun terlihat terdakwa (Joko Surono) hadir dalam ruang sidang didampingi penasihat hukumnya, Tukijan Keling SH.

Halaman
12
Penulis: ryan augusta
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved