Prof Hadiyanto Minta UBB Segera Luncurkan Website Seminar Internasional

Guru Besar Universitas Diponegoro Prof Dr Ir Hadiyanto menyatakan akan membantu UBB dalam menggelar seminar internasional.

Prof Hadiyanto Minta UBB Segera Luncurkan Website Seminar Internasional
ist
Prof Dr Ir Hadiyanto didampingi Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf Msi (tengah) dan Warek II UBB Prof Dr Agus Hartoko MSc (kiri) memaparkan sejumlah prosedur dan tahapan yang harus disiapkan UBB untuk menyelenggarakan seminar internasional bulan Oktober 2018. 

Laporan Wartawan Bangkapos, Herru W

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Guru Besar Universitas Diponegoro (Undip) Prof Dr Ir Hadiyanto menyatakan akan membantu Universitas Bangka Belitung (UBB) dalam menggelar seminar internasional bertopik kepulauan (International Conference of an Archipelagic) Oktober 2018.

“Silakan UBB segera membuat website seminar internasional. Saya akan berusaha mencari jurnal atau publishernya yang terindeks Scopus sebagai media mempublikasi karya ilmiah seminar internasionalnya,” tukas Hadiyanto dalam rapat persiapan seminar internasional UBB di Ruang Rapat Besar Rektorat UBB, Balunijuk, Merawang, Kamis (4/1/2018).

Dalam rapat yang dipimpin Rektor UBB Dr Ir Muh Yusuf MSi dan Wakil Rektor II Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc, sesuai peraturan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi syarat minimal pemakalah dalam setiap seminar internasional paling sedikit diikuti dari lima negara.

Sementara makalah seminar, tergantung penyelenggara apakah dipublikasikan dalam bentuk conference peper, proseding (proceeding) atau masuk ke dalam jurnal.

“Meski ada beberapa pilihan, tapi Kemenristek Dikti lebih suka pada media publikasi baik berupa jurnal maupun publisher  yang terindeks Scopus. Dalam konteks ini maka penyelenggara atau host seminar internasional harus lebih dahulu menetapkan pilihan media publikasi apa untuk karya ilmiah yang ada di seminar,” tukas Hadiyanto dalam press release yang diterima bangkapos.com, Kamis (4/1/2018).

UBB baru kali pertama menggelar seminar berskala internasional, memandang perlu mengundang khusus Hadiyanto selaku Chief Editor of International Journal of Renewable Energy Development, untuk berbagi pengalaman dalam hal menyelenggarakan seminar internasional, berikut media publikasi dan langkah-langkah awal dalam menyiapkan helat akbar ilmiah ini.

Menurut Hadiyanto, langkah awal yang harus dilakukan UBB sejak awal adalah membuat media komunikasi dalam bentuk website khusus, menyusun scientific committee, plenery atau keynote speaker dan mengundang pembicara (invited speaker), brosur, time line (jadwal) dan lain-lain.

Menanggapi hal itu, Wakil Rektor II UBB Prof Dr Ir Agus Hartoko MSc meminta UPT TIK (Unit Pelaksana Teknis Tekologi Informasi dan Komunikasi) UBB dan UBB Press menyiapkan website dan media publikasi sebagaimana dimaksud Prof Dr Ir Hadiyanto.

Paling tidak, lanjut Agus Hartoko, website beserta konten (isi)-nya  yang berkaitan dengan seminar internasional  sudah dapat dibaca calon peserta seminar internasional.

Halaman
123
Penulis: Herru W
Editor: zulkodri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help