Soal Penambangan Dekat Air Baku PDAM Belinyu, Dirut PDAM Panggil Mitra PT Timah

Saat turun ke lapangan saya pastikan kepada mitra dan kepala cabang bahwa saya tidak mau mendengar ada aktifitas

Soal Penambangan Dekat Air Baku PDAM Belinyu, Dirut PDAM Panggil Mitra PT Timah
Ist
Wellindra Bashir 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Direktur Utama PDAM Tirta Bangka Wellindra Bashir, Jumat (5/1/2017) kemarin turun untuk mengecek ke sumber air baku PDAM di Kolong Pasir Mera Kecamatan Belinyu.

Pengecekan ini terkait dengan penambangan mitra PT Timah Tbk yang menambang hanya berjarak sekitar 50 meter dari sumber air baku PDAM.

Ia langsung memanggil Kacab dan Kasi Teknik PDAM Cabang Belinyu serta pemilik tambang Mitra PT Timah CV Global MJ untuk menindaklanjuti pengecekan yang dilakukan Tim Satpol PP Kabupaten Bangka, Kamis (4/1/2018) lalu, karena khawatir dam jebol yang mengakibatkan limbah penambangan mengalir ke sumber air baku PDAM.

"Saat turun ke lapangan saya pastikan kepada mitra dan kepala cabang bahwa saya tidak mau mendengar ada aktifitas tambang yang dalam pengawasan Wastam Timah tidak sesuai dengan tupoksi dan juklak di lapangan  yang berdampak dengan terjadinya limbah masuk ke air baku, maka saya yang bertanggung jawab atas amanah Bupati Bangka selaku dirut akan menindak setegas-tegasnya karena saya sudah kapok dengan para mitra yang tak tunduk dengan aturan dan mementingkan pihak mitra," tegas Wellindra kepada bangkapos.com, Sabtu (6/1/2018).

Namun berdasarkan hasil pantauannya tidak ada limbah yang masuk ke lokasi dan saat ke lokasi perbatasan dia melihat pihak mitra dari CV Global MJ masih fokus dengan penambahan pasir sebagai dam alternatif dan cukup kuat.

"Mereka sudah kapok dengan kejadian sekitar bulan Mei 2017 sempat jebol. dari pihak Wastam Timah juga cukup aktif dalam pengawasan di lokasi sumber air baku," jelas Wellindra.

Menurutnya, Kolong Pasir Mera yang menjadi sumber air baku PDAM itu
nantinya akan di serahkan ke PDAM bila selesai di kerjakan oleh mitra PT Timah Tbk.

"PT Timah akan menjadikan eks penambangan menjadi percontohan reklamasi dan akan di serahkan nantinya ke PDAM Tirta Bangka," ungkap Wellindra.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved