Tutorial: Cara Menggendong Anak Menggunakan Kain Jarik Ala Andien Ternyata Gampang!

Dengan teknik yang benar, kain jarik ternyata jauh lebih nyaman untuk digunakan menggendong bayi.

Tutorial: Cara Menggendong Anak Menggunakan Kain Jarik Ala Andien Ternyata Gampang!
tribunnews
Andien menggendong bayinya menggunakan kain jarik motif batik 

BANGKAPOS.COM--Penyanyi solo beraliran musik Pop, Jazz yakni Andien Aisyah kembali menarik perhatian kalangan netizen.

Jika pada saat kelahiran sang buah hati, Andien sempat membuat heboh netizen lantaran memamerkan Lotus Birth yakni membiarkan tali pusat terhubung dengan plasenta usai melahirkan.

Kini melalui akun Instagramnya Andien kembali menarik perhatian kalangan netizen di jagat maya.

//

Pada postingan tersebut tampak Andien mengunggah foto bersama sang suami dan terlihat pula sedang menggendong bayi laki-lakinya yakni Askara Biru atau yang akrab dipanggil Kawa.

//

Alasan yang membuat postingan ini menarik yakni lantaran Andien menggunakan kain jarik motif batik.

Uniknya lagi Andien menggendong si bayi ketika menghadiri acara pernikahan aktor Tarra Budiman.

"Dikasih seragam kawinan ama @tarrabudiman saking bingungnya mau dibikin apa dan nggak tau mau gendong Kawa pake apa pas ke acara," tulis Andien.

"Daripada dibikin kebaya ribet mau nyusuinnya lalu harus pake gendongan lain.. Maka kainnya dibikin jarik!," ungkap Andien.

Sejak diunggah empat jam yang lalu, unggahan Andien ini telah disukai 25.989 dan mendapatkan ratusan komentar dari kalangan pengguna Instagram.

Mayoritas netizen memberikan pujian kepada penyanyi berparas cantik ini lantaran kreatif sekaligus ikut melestarikan kain jarik.

"Idenya brilian bgt," komentar akun little_forest_library.

"Budayakan kain jarik.... #baby kawa lucuu bgt," tulis akun ihandini.

"Kawa gemessin," tulis akun amierochmah.

"Salut bngd sm @andienaisyah jarang2 ada artis yg mau gendong baby.nya pakai jarik di acara kawinan... laf laf laf kawa," sebut akun miraasary. (*)

Balai Kota Bandung, beberapa waktu lalu riuh ramai dikunjungi warga Kota Bandung. Di antara ribuan pengunjung, terdapat sekelompok kecil ibu-ibu bersama anak-anaknya berkumpul di sebelah patung Badak Putih. 

Ada yang terlihat cukup unik dari kelompok ini. Kain yang digunakan untuk menggendong anak-anak semuanya menggunakan kain jariktradisional.

Selidik punya selidik, ternyata kelompok ibu-ibu ini yang tergabung dalam komunitas Babywearers Bandung tengah "kopi darat" sekaligus belajar langsung teknik-teknik menggendong bayi menggunakan kain jarik. Teknik ini dimentori Afifah Mu'minah (28), salah satu anggota Indonesian Babywearers. 

Komunitas ini biasanya hanya berinteraksi seputar gendong menggendong bayi melalui beberapa media sosial Baby Wearers Bandung.

"Tujuan Indonesian Babywarer adalah mengedukasi ibu bagaimana cara menggendong yang aman untuk anak, nyaman anak serta nyaman untuk ibu," kata Afifah saat ditemui seusai mentoring. 

Afifah membenarkan bahwa kain jarik beberapa tahun ke belakang mulai kurang diminati untuk digunakan menggendong anak oleh ibu-ibu muda. Mereka kebanyakan lebih memilih produk-produk gendongan bayi yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga tampak mudah.

Jarik gendong
Jarik gendong (tribunnews)

Padahal, menurut Afifah, kebanyakan produk gendongan tadi justru tidak nyaman untuk ibu atau penggendong. Dengan teknik yang benar, kain jarik ternyata jauh lebih nyaman untuk digunakan menggendong bayi.

Dari kursus International Babywearing yang pernah dilakoninya, Afifah mengatakan setidaknya ada 3 jenis cara menggendong menggunakan kain jarik yang sesuai dengan standar kesehatan internasional. 

"Tergantung juga panjang kain Jarik. Kalau panjangnya 2,5 meter bisa menggunakan simpul jangkar. Kalau 3 meter bisa pakai gendong belakang atau robin's carry atau front wrap cross carry tied under bum(FWCCTUB)," ungkap Afifah.

Simak tutorial menggendong bayi menggunakan kain jarik berikut ini:

Editor: khamelia
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help