KDPP: Tahun Politik Penyelenggara Harus Lebih Peka

Jelang gelaran pilkada serentak, penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu harus lebih peka

KDPP: Tahun Politik Penyelenggara Harus Lebih Peka
ist
Pegiat Demokrasi dari Komite Demokrasi Pemantau Pemilu (KDPP) Kepulauan Babel, Feryandi.

Laporan Wartawan Bangka Pos, Ajie Gusti Prabowo

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Komite Demokrasi Pemantau Pemilu (KDPP) Kepulauan Babel, Feryandi mengingatkan potensi konflik bisa terjadi di seluruh daerah yang menggelar pilkada serentak 2018, khususnya Pilkada serentak di 3 daerah di Provinsi Kepulauan Babel yakni Pilwako Pangkalpinang, Pilbup Bangka dan Pilbup Belitung.

"Jelang gelaran pilkada serentak, penyelenggara pemilu baik KPU maupun Bawaslu harus lebih peka. Lebih tegas dan jangan jadi penonton terhadap berbagai pelanggaran yang ada di depan mata," jelas Koordinator Pendidikan dan Pengawasan Pemilu KDPP Bangka Belitung Feryandi dalam rilisnya, Senin (8/1).

Feryandi menjelaskan di tahun politik ini bukan hanya strategi dari elite politik dalam memenangkan kepala daerah, namun Pilkada serentak menjadi peta jalan menuju kontestasi nasional pemilu 2019.

"Sehingga menghadapi tahun politik ini diperlukan penguatan kecerdasan politik warga melalui sikap dan perilaku politik elite yang membangkitkan kesadaran warga, tentang urgensi berpolitik partisipan," katanya.

Selain itu, menurutnya, pentingnya penekanan pada penyelenggara pemilu agar kegiatan Coklit serentak dalam waktu dekat ini harus lebih teliti dan transparan.

Begitupun untuk Penyelenggara Pemilu bidang Pengawasan harus tegas dan perhatikan juga tempat-tempat ibadah harus bebas dari atribut parpol atau media kampanye kandidat.

"Termasuk peran media politik (civil society) menjadi penting untuk terus mengkritisi dinamika politik yang distortif agar patron politik tak berujung pada politik oligarkis," harapnya.

Penulis: Ajie Gusti Prabowo
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved