Zayadi : Di Babel Baru 400 UKM Produknya Miliki Sertifikat Halal

Ketua MUI Bangka Belitung, Zayadi sudah ada 400 UKM yang produknya telah bersertifikasi halal selama kurun waktu 2 tahun.

Zayadi : Di Babel Baru 400 UKM Produknya Miliki Sertifikat Halal
Bangka Pos / Idandi Meika Jovanka
Ketua MUI Bangka Belitung, Zayadi 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Ketua MUI Bangka Belitung, Zayadi mengatakan selama kurun waktu dua tahun belakangan, sudah ada 400 Usaha Kecil Menengah (UKM) yang produknya telah bersertifikasi halal.

Pemerintah menargetkan tahun 2018 ada 1000 sertifikat halal. Tahap awal baru 400 karena terbatas tenaga auditor, jika dalam waktu dekat 400 tersebut bisa diselesaikan maka akan mengejar targetnya lagi.

Zayadi menjelaskan bagi pelaku usaha kuliner mendapatkan sertifikat halal tidak sulit cukup mengajukan surat permohonan dan menunggu konfirmasi.

Setelah itu, hasil audit dipresentasikan ke komisi fatwa MUI dan diadakan sidang, jika dinyatakan halal maka langsung diserahkan sertifikatnya.

Umumnya memakan waktu selama dua minggu dan berlaku dua tahun bisa diperpanjang, Minggu (8/1/2018)

“Kami menggunakan sistem jamin halal untuk memantau dan memastikan kehalalan jika sebuah restoran mengganti bahan baku produknya. Selain itu, mendapatkan sertifikat halal tidak dipunggut biaya karena mendapat subsidi dari Pemerintah,” jelas Zayadi

Zayadi mengaku pihaknya melakukan sejumlah sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran terhadap kepedulian makanan halal di masyarakat.

" Jika dibadningkan dengan jumlah UKM di Babel yang mencapai ribuan. kepemilikan sertifikat halal barulah mencapai 10 persen," ucapnya.(*)

Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help