Desa Riau Sejak Tahun 2015 Sudah Kelola Lahan Reklamasi Untuk Kebun dan Pemukiman

Kami sudah mereklamasi 16 hektar, ditanami sengon sudah besar-besar, lahannya di lahan paska tambang

Desa Riau Sejak Tahun 2015 Sudah Kelola Lahan Reklamasi Untuk Kebun dan Pemukiman
Bangka Pos / Riyadi
Kades Riau Zainar 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Desa Riau Kecamatan Riausilip, sejak tahun 2015 lalu, sudah mengawali reklamasi lahan eks tambang, di wilayah izin usaha penambangan PT Timah.

"Kami sudah mereklamasi 16 hektar, ditanami sengon sudah besar-besar, lahannya di lahan paska tambang PT Timah," ujar Kades Riau Zainar kepada bangkapos.com Selasa (9/1/2017).

Lahan yang direklamasi tersebut tidak semua ditanami sengon, tapi lahan yang dipinggir jalan di ambil 25 meter ke belakang, disiapkan untuk areal pemukiman penduduk.

"Misal ada orang baru nikah, terus nggak punya lahan untuk bangun rumah, kan tinggal gunakan lahan reklamasi tadi, tapi syaratnya hanya untuk bangun rumah saja,karena dibelakangnya lagi sudah kebun sengon," ungkap Zainal.

Kades Gunung Pelawan Tjhiungkim mengatakan belum tahu secara persis dimana saja wilayah tambang di Desa Gunung Pelawak yang sudah paska tambang.

"Sejak saya menjabat, belum ada laporan di mana saja IUP yang sudah memasuki paska tambang, karena pihak pemegang IUP juga tidak menyampaikan laporannya," kata Tjhiungkim kepada bangkapos.com Selasa (9/1/2018).

Dengan hal itu, maka desa belum bisa mengajukan usulan reklamasi.(*)

Penulis: riyadi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved