Home »

Lokal

» Bangka

Karena Ulet Siang Malam, Petani Padi Selamat dari Serangan Hama

Banyak hama, tapi karena telaten dengan ekstra tenaga dan waktu untuk merawat, alhamdulillah bisa panen padi, lumayan hasilnya

Karena Ulet Siang Malam, Petani  Padi Selamat dari Serangan Hama
Bangkapos/riyadi
Petani di Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa Kardinan memanen padi huma (padi darat) dikebunnya, beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dalam seminggu ini, petani di Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat, sudah mulai panen padi darat (padi ume) di ladangnya masing-masing.

Petani bersyukur bisa memanen padi, setelah tanaman padinya selamat dari serangan hama.

"Bisa panen padi sawah dan ume begini, bukan tanpa usaha keras di siang dan malam. Ketika padinya mulai tumbuh, siangnya kita menunggu padi dari serangan burung pipit (hama emprit), malamnya kita operasi nduk semuyu (hama sejenis belalang sangit), tikus kita tembak, pokoknya tiap hari tiap malam cuma jaga padi, dak berhenti sampai panen ini, belum lagi meracun hamanya," tutur Hasan petani sawah di Kecamatan Kelapa kepada bangkapos.com Selasa (9/1/2018).

Menurut Hasan, kalau tidak ulet dan telaten, maka tidak panen padi, tidak buka buk baru (nasi baru).

Petani lainnya Surip menuturkan, perawatan terhadap tanaman padi yang di akhir tahun 2017 dan panen di awal 2018 ini, butuh tenaga dan waktu ekstra.

"Banyak hama, tapi karena telaten dengan ekstra tenaga dan waktu untuk merawat, alhamdulillah bisa panen padi, lumayan hasilnya, dalam beberapa bulan kedepan kita tidak perlu beli Beras," ujarnya.(*)

C

Penulis: riyadi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help