BangkaPos/
Home »

Lokal

» Bangka

2018, Dinas Pangan Bangka Terus Berdayakan KWT dan KRPL

Di Kabupaten Bangka ini, KRPLnya bagus, dan terus kita bina, kita mempunyai 47 Kelompok Wanita Tani (KWT)

2018, Dinas Pangan Bangka Terus Berdayakan KWT dan KRPL
Bangkapos/Edwardi
Para pegawai Dinas Pangan Bangka melakukan panen daun seledri yang berada di samping dan belakang kantor. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA – Dinas Pangan Kabupaten Bangka yang mempunyai visi misi mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Bangka terus melakukan kegiatan yang sifatnya bersentuhan langsung kepada masyarakat, kelompok tani, dan keluarga.

Salah satunya dengan memanfaatkan pekarangan dengan program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).


"Di Kabupaten Bangka ini, KRPLnya bagus, dan terus kita bina, kita mempunyai 47 Kelompok Wanita Tani (KWT) dan terus kita bina untuk memanfaatkan perkarangan, dan juga untuk mewujudkan kedaulatan pangan di keluarga masing-masing," kata Plt. Dinas Pangan Kabupaten Bangka, Rusmansyah, Rabu (10/1/18) di kantornya.


Dikatakan Rusmansyah, sejauh ini, pihaknya juga terus mensosialisasikan dan sudah terlihat hasilnya, dengan diterimanya banyak penghargaan di bidang pangan.


"Banyak yang telah dihasilkan, mulai dari sayuran, jagung, cabe dan banyak lainnya termasuk juga produk olahan seperti beras aruk, dan mendapatkan penghargaan atas kontribusi dan konsistensi mereka dalam memproduksi beras aruk," katanya.


Selain itu juga Rusmansyah menjelaskan, untuk tahun 2018 ini, pihaknya terus menggalakkan program ketahanan pangan dengan memanfatkan perkarangan seperti di perkarangan kantor- kantor Organsasi Perangkat Daerah (OPD) dan lainnya.


"Nanti juga kita akan melakukan kerjasama dengan sekolah-sekolah, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, untuk memotivasi, menginspirasi kepala sekolah, anak-anak, sehingga mau dan menggalakkan ketahanan pangan, nanti kapan waktu akan kita undang panen, sehingga bisa memotivasi dan menginspirasi mereka untuk mau melakukannya di perkarangan sekolah dan rumah juga, nanti OPD juga akan gerakkan untuk bisa menanam, bisa cabe atau tanaman lainnya di perkarangan kantor seperti kemarin, sehingga bisa berdaya guna dan ada ekonomisnya juga, " harap Rusmansyah.


KRPL merupakan pengembangan dari Rumah Pangan Lestari (RPL) adalah program pemerintah untuk masyarakat dalam hal pemanfaatan perkarangan rumah dan hal ini dapat menambahkan upaya intensifikasi pemanfatan pagar hidup, jalan desa, dan fasilitas umum lainnya, lahan terbuka hijau serta mengembangkan pengolahan dan pemasaran hasil.(*)

Penulis: edwardi
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help