Anggaran Pengentasan Gepeng Pangkalpinang Naik 100 Persen

Berdasarkan data, gepeng yang terjaring sepanjang 2017 sebanyak 20 orang yang dominan berasal dari luar daerah Pangkalpinang

Anggaran Pengentasan Gepeng Pangkalpinang Naik 100 Persen
istimewa
Dinas Sosial Kota Pangkalpinang menjaring remaja yang mengamen di perempatan lampu merah Ramayana, Senin (8/1) 

Laporan wartawan Bangk Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA- Kepala bidang Rehabitasi Sosial Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Kota Pangkalpinang, Aprizal mengatakan anggaran pengentasan gelandang dan pengemis (gepeng) 2018 ini naik 100 persen dibanding 2017 lalu.

Tahun ini APBD Pangkalpinang mengucurkan dana sebesar Rp.150 juta lebih besar dibanding tahun lalu sebesar Rp.65 juta.

Berdasarkan data, gepeng yang terjaring sepanjang 2017 sebanyak 20 orang yang dominan berasal dari luar daerah Pangkalpinang.

Gepeng muncul secara musiman pada momen-momen tertentu seperti pada hari raya keagamaan.

Diakui Aprizal jumlah gepeng yang terjaring tahun lalu memang tak seberapa banyak. Adapun alasan kenaikan 100 persen dana pengentasan gepeng karena tahun ini mengajak berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) seperti pekerja sosial TKSK, Tagana dan Satpol PP guna rutin memonitor keberadaa gepeng sekali dalam seminggu.

"Anggaran Rp.150 juta untuk kebutuhan operasional tim patroli dan dana pemulangan atau pengantaran para gepeng ke tempat asalnya. Dana ini juga untuk kita (Dinas Sosial) melakukan konsultasi ke daerah lain untuk belajar cara pemulangan gepeng," ujar Aprizal saat ditemui Bangka Pos, Rabu (10/1) di Kantor Dinas Sosial dan PPA Kota Pangkalpinang.

Pengentasan gepeng memang menjadi salah satu dari tiga program yang dilaksanakan Dinas Sosial Kota Pangkalpinang tahun ini. Semenjak Pangkalpinang melaunching Pangkalpinang Bebas Gepeng 2016 lalu.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help