Hakim Jatuhkan Vonis 15 Bulan, Begini Tanggapan sang Panglima

Putusan 15 bulan penjara yang dibacakan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat Bangka ini belum inkrah

Hakim Jatuhkan Vonis 15 Bulan, Begini Tanggapan sang Panglima
Bangkapos/Fery Laskari
Terdakwa Tubagus Budi Firbani alias Budi Tikal alias Panglima (posisi membelakangi) duduk mendengar amar putusan Majelis Hakim PN Sungailiat, Selasa (9/1/2018) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Tubagus Budi Firbani alias Budi Tikal alias Panglima (42), dijatuhi vonis pidana 1 tahun 3 bulan.

Putusan 15 bulan penjara yang dibacakan Hakim Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat Bangka ini belum inkrah, karena Terdakwa Tubagus Budi Firbani menyatakan sikap pikir-pikir.

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Sungailiat, Sarah Louis Simanjuntak diwakili Humas R Narendra Mohni kepada Bangka Pos Group, Rabu (10/1/2018) menyatakan, batas waktu pikir-pikir terhitung vonis dibacakan.

Dalam kurun waktu yang ditentukan, putusan belum memiliki kekuatan hukum tetap.

"Vonis dibacakan Selasa (9/1/2018) kemarin. Inti putusan adalah, menyatakan terdakwa terbukti melanggar Pasal 2 Ayat 1 Undang-Undang  Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Terhadap putusan, terdakwa maupun penasihat hukumnya menyatakan pikir-pikir, yang mana masa pikir-pikir selama tujuh hari," kata Kiki, sapaan akrab R Narendra Mohni.

Sementara itu, saat sidang putusan, Selasa (9/1/2018), Ketua Majelis Hakim Jonson Parancis menyatakan, Terdakwa Tubagus Budi Firbani alias Budi Tikal alias Panglima terbukti bersalah dan menjatuhkan pidana padanya.

"Menyatakan Terdakwa Tubagus Budi Firbani alias Budi Tikal alias Panglima bersalah, oleh karena itu menjatuhkan pidana selama satu tahun dan tiga bulan," kata Jonson di persidangan.

Putusan ini ditanggapi Terdakwa Tubagus Budi Firbani melalui pernyataan sikap pikir-pikir. Ketika keluar dari ruang sidang dikawal petugas, pria yang dijuluki Panglima memberikan pernyataan pada Bangka Pos Groups.

"Sebagai seorang pejuang lingkungan saya harus menyatakan bahwa perjuangan ini tidak akan berhenti. Kita akan segera menemukan cara untuk menyelamatkan nasib Rakyat Bangka dan pulaunya dan tidak mungkin kita biarkan rusak, " katanya.

Halaman
123
Penulis: ferylaskari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved