Target 30 Miliar, Sumbangan Pihak Ketiga Tahun 2017 Hanya Rp 1,1 miliar

Semuanya perusahaan tambang, ini yang kita bingung komitmen perusahaan tambang, oktober lalu itu ada 23 perusahaan yang menandatangani

Target 30 Miliar, Sumbangan Pihak Ketiga Tahun 2017 Hanya Rp 1,1 miliar
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Kepala bidang retribusi dan pendapatan lainnya Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Efendi Harun. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Realisasi penerimaan pendapatan dari sumbangan pihak ketiga tahun 2017 baru mencapai Rp 1,1 miliar, padahal target sumbangan pihak ketiga sebesar Rp 30 miliar.

Kepala bidang retribusi dan pendapatan lainnya Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Efendi Harun mengatakan tidak tercapainya target ini lantaran masih sedikit perusahaan yang mau memberikan sumbangan.

Effendi mengatakan sepanjang 2017, baru perusahaan tambang yang memberikan sumbangan. Hal ini juga berkaitan dengan kesepakatan untuk menyumbangkan Rp 1000/kg dari setiap timah yang di ekspor.

"Semuanya perusahaan tambang, ini yang kita bingung komitmen perusahaan tambang, oktober lalu itu ada 23 perusahaan yang menandatangani untuk setuju memberikan sumbangan Rp 1000/kg dari yang akan di ekspor, tapi sampai akhir tahun kemarin baru 10 perusahaan yang memberikan ini," katanya ditemui Bangka Pos, Rabu (10/1/2017).

Ia mengatakan potensi sumbangan pihak ketiga dari sektor tambang ini cukup besar jika memang perusahaan patuh untuk menyampaikan ini.

Berdasarkan data yang diperoleh pihaknya sepanjang tahun 2017 jumlah eskpor timah oleh 29 perusahaan mencapai 67.465,29 ton. Sedangkan sejak kesepakatan setoran Rp 1000/kg ini yang dimulai Oktober-Desember jumlah ekspor timah sebesar 18.875,05 ton.

"Kami punya data eskpor, sumbangan yang diterima belum sesuai dengan data ekspor, tapi mereka sudah menyumbang. Kita minta seribu perak, dan mereka sepakat, ini menjadi potensi yang bisa kita gali untuk menambah pendapatan daerah," ujarnya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help