LKPI: Jangan Memaksa Melaut, Angin Kencang 40 Kilometer Per Jam

Jangan memaksakan melaut jika kondisi angin dan cuaca masih seperti ini, karena dikhawatirkan akan menimbulkan

LKPI: Jangan Memaksa Melaut, Angin Kencang 40 Kilometer Per Jam
Ist
Muhammad Syahputra 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Teddy Malaka

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Nelayan dan transportasi laut yang menggunakan perahu kecil diminta mewaspadai cuaca buruk akhir-akhir ini.

Mereka diminta tidak melaut ketika kondisi gelombang tinggi karena angin kencang.

Demikian peringatan yang disampaikan Lembaga Kelautan Dan Perikanan Indonesia ( LKPI ) Provinsi Bangka Belitung, melalui Kepala Bagian Kemaritiman dan Keselamatan Nelayan, Muhammad Syahputra, Jumat (12/1/2018).

Ia mengungkapkan saat ini kecepatan angin bisa mencapai 40 kilometer per jam.

"Angin kencang mengakibatkan gelombang tinggi, Prakiraaan Cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bangka Belitung mengatakan, kecepatan angin sampai dengan 40 kilometer perjam akan terus terjadi di wilayah Bangka Belitung, seperti di Bangka selatan terutama nelayan Sadai dan tanjung ketapang yang melaut," kata Muhammad Syahputra.

Menurutnya waspada dini harus dilakukan para nelayan dan transportasi laut yang menggunakan perahu kecil.

Muhammad Syahputra yang kesehariannya di BASARNAS Bangka Belitung mengatakan angin kencang seperti itu dapat memicu gelombang tinggi.

"Jangan memaksakan melaut jika kondisi angin dan cuaca masih seperti ini, karena dikhawatirkan akan menimbulkan gelombang tinggi," tuturnya.

Dirinya memperkirakan kondisi seperti sekarang ini akan terjadi dua sampai lima hari ke depan, untuk itu dirinya menghimbau kepada para nelayan agar tetap waspada dengan terjadinya gelombang tinggi diakibatkan angin kencang.(*)

Penulis: teddymalaka
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help