SDN 29 Pangkalpinang Gelar Sunatan Masal

Ini program sekolah, tahun pertama kita lakukan ini. Kegiatan ini terselenggara dari partisipasi komite, orangtua siswa

SDN 29 Pangkalpinang Gelar Sunatan Masal
Bangka Pos/Krisyanidayati.
kepala sekolah SDN 29 Pangkalpinang, Djuliana 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - SDN 29 kota Pangkalpinang menggelar khitanan masal bagi 17 siswa kurang mampu dan anak yatim di SDN 29 Pangkalpinang, Sabtu (13/12/2017).

Khitanan masal yang dilaksanakan di ruang Unit Kesehatan Sekolah (UKS), merupakan program perdana yang digagas sekolah sebagai bagian dari pembelajaran pendidikan karakter siswa.

Usia para siswa yang dikhitan ini beragam, dari kelas I hingga kelas VI. Tak hanya dikhitan secara gratis, 17 siswa ini juga mendapatkan santunan.

"Ini program sekolah, tahun pertama kita lakukan ini. Kegiatan ini terselenggara dari partisipasi komite, orangtua siswa," kata kepala sekolah SDN 29 Pangkalpinang, Djuliana, Sabtu (13/1/2017).

Sunatan masal ini diselenggarakan secara mandiri oleh pihak sekolah. Dengan kegiatan seperti ini diyakini dapat meningkatkan kepedulian, kerjasama, berbagi, dan saling tolong menolong.

"Ini dari siswa, untuk siswa, oleh siswa. Enggak pakai sponsor ini kegiatan Jum'at kami itu sumbangan IMTAK itu yang dikumpulkan, ditambah lagi dengan partisipasi komite. Ini sekaligus pembelajaran saling berbagi dan kesetiakawanan," ujarnya.

Ia menginginkan tahun depan kegiatan sunatan masal ini kembali bisa digelar dengan jumlah yang lebih besar. Sehingga semakin banyak siswa yang tidak mampu terbantu.

"Sunatan ini kan wajib bagi umat muslim, kadang ada yang mau sunatan tapi belum ada uangnya, makanya kita dari pihak sekolah ingin membantu bersama siswa lainnya. Semoga tahun depan lebih banyak lagi siswa yang terbantu," harapnya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, menurutnya dapat meningkatkan nilai-nilai keislaman dan menanamkan pendidikan karakter.

Dalam kegiatan sunatan masal ini juga sekaligus memeringati Maulid Nabi Muhammad. Ada berbagai rangkaian acara seperti Penampilan paduan suara, ceramah, tarian kreativitas para siswa.

"Dari pagi acaranya, kalau yang sunatan dari 06.30. Tadi ada ceramah juga, Alhamdulillah banyak juga yang datang seperti pengawas sekolah, kemudian kepala sekolah SD di kecamatan Gerunggang," katanya.

Penulis: krisyanidayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help