BangkaPos/

Waspada, Gelombang Tinggi di Perairan Babel

Tadi pagi pada posisi 7 mil Timur pulau-pulau Seribu mendekati Pulau Peniki, cuaca angin kuat dari Barat Laut bertiup 30 hingga 40 knot

Waspada, Gelombang Tinggi di Perairan Babel
Bangka Pos/ Ardhina Trisila Sakti
Staf seksi data dan informasi BMKG Pangkalpinang, Slamet Supriyadi 

Laporan Wartawan Bangkapos, Agus Nuryadhyn

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Masyarakat nelayan dan pengguna jasa angkutan laut untuk waspada saat berada dalam pelayaran di sekitar perairan Wilayah Bangka Belitung.

Karena saat ini, Sabtu 13 Januari 2018 hingga Minggu 14 Januari 2018 untuk cuaca diperairan Babel masih dalam kondisi ekstrim.

"Selama dua hari ini, perairan Babel masih ekstrim dan tinggi gelombang hingga capai 4,5 meter," ungkap Slamet Supriyadi Staf Seksi Data dan Informasi Stasiun Meteorologi kelas 1 Pangkalpinang, Sabtu (13/1/2018).

Slamet menjelaskan perairan di sekitar Selat Bangka 1 hingga 2 meter. Sementara itu di sekitar perairan Utara Bangka, Selatan Bangka dan Selat Gelasa tinggi gelombang 1 meter hingga 2,5 meter. Untuk di Selat Karimata tinggi gelombang 1,5 meter hingga 3 meter.

"Namun untuk tetap waspada peluang terjadi gelombang tinggi 3 meter hingga 4,5 meter di Perairan Utara Babel dan Selat Karimata," ujar Slamet.

Ia menyebutkan, peluang gelombang tinggi terjadi di perairan Selatan Babel dan di Selat Gelasa tinggi gelombang 2,5 meter hingga 3,5 meter.

Menurutnya gelombang diprediksi kembali normal pada Senin 16 Januari 2018.

Nakhoda KM Sentosa 205, Deden saat dalam pelayaran dari Pangkalbalam ke Sunda Kelapa, pada pagi hari, Sabtu (13/1/2018) menyebutkan, gelombang laut capai 2 meter hingga 2,5 meter.

"Tadi pagi pada posisi 7 mil Timur pulau-pulau Seribu mendekati Pulau Peniki, cuaca angin kuat dari Barat Laut bertiup 30 hingga 40 knot dengan tinggi gelombang 2 meter hingga 2,5 meter," ujar Deden.

Bahkan Deden menambahkan pada hari sebelumnya, Jumat 12 Januari 2018 saat perjalanan dari Pangkalbalam hingga Tanjung Berikat, tinggi gelombang capai 1,5 meter. 

Penulis: agusrya
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help