BangkaPos/

Kisah Herkules CIlik dari Pringsewu Berlatih untuk Taklukkan Dunia, Mengangkat Harkat Bangsa

Kawah candradimuka para lifter belia itu berada di Pringsewu,Lampung. Di sebuah padepokan angkat besi bernama Gajah Lampun.

Kisah Herkules CIlik dari Pringsewu Berlatih untuk Taklukkan Dunia, Mengangkat Harkat Bangsa
KOMPAS/AGUS SUSANTO
Eddy 

BANGKAPOS.COM--Kawah candradimuka para lifter belia itu berada di Pringsewu, Lampung. Di sebuah padepokan angkat besi bernama Gajah Lampung, anak-anak berusia 10-12 tahun digodok untuk menjadi lifter profesional kelas dunia.

Inilah jalan panjang seleksi alam untuk mencari bibit atlet angkat besi.

Sore itu, awal Desember 2015 lalu, matahari memancarkan semburat keemasan menyepuh langit Pringsewu, Lampung. Hari yang cerah selaras dengan keceriaan anak-anak berusia 10-12 tahun yang tengah berlatih di padepokan angkat besi Gajah Lampung.

Padepokan itu telah berusia 48 tahun. Siapa pun boleh datang karena padepokan sangat terbuka  bagi siapa saja yang ingin berlatih angkat besi. Mereka yang datang selalu diterima dengan tangan terbuka.

Inilah yang membuat anak-anak itu nyaman bermain barbel bersama atlet-atlet profesional. Keriuhan anak-anak itu menghidupkan padepokan.

Tawa, canda, dan obrolan khas anak-anak berbaur dengan denting barbel yang beradu dan suara barbel yang mendarat di atas papan kayu.

Siapa pun yang mencoba untuk beristirahat siang itu pasti gagal total. Suara brak dan bruk hingga lengkingan terdengar riuh seperti menembus tembok-tembok padepokan seluas 2.600 meter persegi.

Kebisingan itu menjadi warna tempat lifter Indonesia menempa kemampuan untuk tampil di pentas angkat besi dunia. Padepokan ini telah mempersembahkan berbagai medali, termasuk perunggu Olimpiade Sydney 2000 yang diraih oleh lifter putri Sri Indriyani dan Winarni.

Prestasi itu diraih melalui proses panjang seperti yang sedang dirintis oleh sekitar 20-an anak usia sekolah dasar kelas 4, 5, 6 yang sering datang ke padepokan.

Mereka disambut oleh asisten pelatih Misdan Yunip yang dengan sabar memperagakan gerakan snatch dan clean and jerk. Dua gerakan itu wajib dikuasai untuk menjadi lifter profesional.

Halaman
1234
Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help