Bustami Berterima Kasih Sjafrie Rachman Diabadikan Jadi Nama RSUD

Mantan Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Bustami Rachman atas nama keluarga besar Mayor Sjafrie Rachman menyampaikan terima kasih

Bustami Berterima Kasih Sjafrie Rachman Diabadikan Jadi Nama RSUD
Bangka Pos / Nurhayati
Bupati Bangka H Tarmizi Saat menerima buku yang mengisahkan Mayor Sjafrie Rachman dari Mantan Rektor UBB Bustami Rachman, Senin (15/1/2018) saat peresmian gedung baru RSUD Sjafrie Rachman di Puding Besar. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPOS.COM,BANGKA--Mantan Rektor Universitas Bangka Belitung (UBB) Bustami Rachman atas nama keluarga besar Mayor Sjafrie Rachman menyampaikan terima kasih karena Pemerintah Kabupaten Bangka menetapkan nama Sjafrie Rachman kakak kandungnya menjadi nama Rumah Sakit Umum Daerah di Kecamatan Puding Besar.

Diceritakan saat masa pergolakan PKI saat itu Sjafrie Rachman kakaknya yang menjadi Bupati Bangka pertama ini akan ke Palembang menghadiri pernikahan anak Wakil Gubernur Sumatera Selatan M Ali Amin.

Saat itu kapal yang ditumpangi kakaknya diledakkan di tengah laut oleh antek PKI sehingga beberapa penumpang termasuk kakaknya meninggal.

"Pembunuhan itu terjadi jam 08.00 WIB saat berangkat dengan kapal motor ke Palembang. Saat itu gubernur Sumsel Harun Sihar dan Wakil Gubernur Sumsel M Ali Amin untuk menghadiri manten mantunya M Ali. Jam 11.00 WIB terjadi peristiwa itu kapal motor dibakar diledakkan pengendalinya dari kapten kapalnya sampai ABKnya semua dari PKI," cerita Bustami.

Bahkan menurut Bustami ketika menceritakan persitiwa tersebut, dari catatan kedokteran di tekuk kakaknya ada merah legam sebelum jatuh ke air. Kemungkinan sebelum jatuh ke air, kakanya sudah dipukul terlebih dahulu.

" Istrinya bisa mengapung, sedangkan beliau (kakaknya) sudah mengap-mengap saat jatuh ke air. istrinya selamat.Termasuk yang meninggal jaksa Ican Saleh yang namanya diabadikan di nama salah satu jalan di Pangkalpinang, istri Pak Walikota Zainudin, sedangkan penyanyi Bangka Siti Khadijah selamat," cerita Bustami mengenang kepergian kakaknya saat peresmian Gedung Baru RSUD Sjafrie Rachman, Senin (15/1/2018) di Puding Besar.

Menurutnya dari enam bupati di Kabupaten Bangka adalah putra asli Bangka yakni
Ahmad Basirun, Ahmad Rosidi, Sjafrie Rachmad, Arub, Eko Maulana Ali, Yusroni Yazid, dan Tarmizi Saat.

Dia bangga karena putra-putra daerah di Bangka ini berhasil membangun daerah dengan baik.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved