2018 Bidang Ketenagakerjaan Pangkalpinang Tak Ada Program Pelatihan Keterampilan

Di 2018, Pemerintah Kota Pangkalpinang tidak ada pelatihan keterampilan sebagai upaya pengurangan jumlah pengangguran.

2018 Bidang Ketenagakerjaan Pangkalpinang Tak Ada Program Pelatihan Keterampilan
Bangka Pos/ Ardhina Trisila Sakti
Suasana kantor Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Kota Pangkalpinang tanpak lenggang 

Laporan wartawan Bangka Pos, Ardhina Trisila Sakti

BANGKAPOS.COM, BANGKA-Di 2018, Pemerintah Kota Pangkalpinang tidak ada pelatihan keterampilan sebagai upaya pengurangan jumlah pengangguran.

Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (PMPTSP dan Naker),  Audrin Vichitra mengatakan ketiadan pelatihan itu, lantaran tidak adanya anggaran.

" Tahun ini (2018) kalau dari program mengunakan APBD untuk pelatihan belum ada. Kalau kemarin (2017) kita mengunakan anggaran APBn dari Kementerian Tenaga Kerja, ngak tahu apakah tahun ini juga dapat," ujarnya kepada Bangkapos.com, Selasa (16/1/2018)  

Untuk tahun ini, lanjut Audrin pihaknya baru mengajukan anggaran sebesar Rp 400 juta untuk keperluan empat kegiatan bidang ketenagakerjaan saja seperti aplikasi IPK dan Bursa Kerja Online, entri data pencari kerja, monitoring penempatan tenaga AKL, AKD dan TKA, serta fasilitasi apabila ada penyelesaian perselisihan hubungan industrial dan rapat koordinasi lembaga kerjasama LSK Tripratit dan survey lapangan reaksi cepat.

Sejauh ini, menurut Audrin berdasarkan data yang mereka himpun, jumlah pencari kerja di Pangkalpinang berdasarkan pembuatan kartu AK1 yang juga dikenal sebagai kartu kuning tidak mengalami kenaikan. di 2017 jumlah pembuat Ak1 sebanyak 678 orang terdri dari 365 laki-laki dan 313 perempuan. 

Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan 2016 yang mencapai 1.705 orang terdiri dari laki-laki sebanyak 889 orang dan perempuan 816 orang.(*)

Penulis: Ardhina Trisila Sakti
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved