Rosman 'Sulap' Lahan Kosong di Belakang Rumahnya di Desa Jurung Jadi Kebun Cabai

Sejauh mata memandang, tampak hamparan pohon cabai menghijau yang berlokasi di Desa Jurung, Kecamatan Merawang

Rosman 'Sulap' Lahan Kosong di Belakang Rumahnya di Desa Jurung Jadi Kebun Cabai
Bangka Pos
Kebun cabai yang digarap Rosman di Desa Jelutung dikunjungi DR Kemas Danial saat memasuki masa panen. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Rosman (64) terlihat sumringah melihat ribuan batang cabai kecil yang digarapnya tumbuh subur, Selasa (16/1).

Sejauh mata memandang, tampak hamparan pohon cabai menghijau yang berlokasi di Desa Jurung, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.

Dia yang dibantu beberapa orang, menaruh harapan agar tanaman cabai di atas lahan 2 hektare itu memberi manfaat untuk perbaikan ekonomi keluarganya.

Cabai tersebut mulai digarap sejak sekitar Juli 2017 dan kini sudah rutin dipanen. Setiap tiga hari sekali, dia memanen sedikitnya 15 kg cabai.

"Kami berusaha untuk menambah jumlah panen. Kalau pangsa pasar tidak ada masalah, kami bawa ke Sungailiat sudah ada yang membeli," ujarnya saat dikunjungi anggota DPRD Babel dapil Bangka HK Junaidi dan mantan Dirut Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) DR Kemas Danial.

Menurutnya, Danial yang peduli terhadap petani seperti dirinya memberikan bantuan untuk mengelola lahan di belakang rumahnya.

Kini kepedulian Danial membuahkan hasil. Bahkan, Rosman bingung saat ditanya bantuan apa lagi yang dibutuhkan agar lahan tersebut lebih produktif.

"Kalau saya lihat perlu traktor tangan. Nanti modal kita dukung asal dapat menampung orang bekerja lebih banyak lagi. Saya senang kalau warga memiliki semangat berwirausaha. Karena ini yang menyokong ekonomi kita," kata Danial.

Danial tampak ramah dengan warga di sekitarnya. Dia menyebutkan, kedepan tidak hanya cabai yang digarap di Desa Jurung tetapi ikan lele dan nila.

Selanjutnya, Danial meminta dukungan agar program yang dibuatnya dengan memberi modal Rp 1 juta per orang tanpa bunga terus berlangsung.

Halaman
12
Editor: Alza Munzi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help