2018, Pemprov Babel Ada Program Berbagai Beasiswa, Yuk Intip Apa Saja dan Syaratnya

Kepala Dindik Kep Babel, M.Soleh menyebutkan tahun 2018 ada berbagai beasiswa bagi masyarakat Babel dari jenjang SD hingga Strata 3 (S3).

2018, Pemprov Babel Ada Program Berbagai Beasiswa, Yuk Intip Apa Saja dan Syaratnya
Bangka Pos / Krisyanidayati
kepala dinas pendidikan Babel, M. Soleh 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Soleh didampingi Kasi Kurikulum dan Penilian SMA, Deswarman menyebutkan tahun 2018 ada berbagai beasiswa bagi masyarakat Babel dari jenjang SD hingga Strata 3 (S3).

Beberapa jenis beasiswa diantaranya ialah beasiswa tidak mampu di dalam daerah sebanyak 100 orang untuk biaya pendidikan. Beasiswa tidak mampu di luar daerah sebanyak 19 orang biaya pendidikan dan biaya hidup.

"Kalau beasiswa tidak mampu ini dikhususkan untuk siswa yang anak yatim, anak panti, anak yang tidak mampu dari keluarga pra sejahtera dan keluarga rentan miskin. Tahun ini jumlahnya bisa bertambah karena dari yang kita biaya sebelumnya banyak yang lulus. Kalau untuk yang di luar daerah kita biaya hidup juga Rp 1,7 juta/bulan dan biaya pendidikan," kata Soleh, Kamis (18/1/2018).

Selain itu juga ada beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa berprestasi di dalam daerah dengan kouta 30 orang dan luar daerah 20 orang.

"Prestasi ini tergantung IPK, jadi mereka udah kuliah misalnya satu tahun atau 2 semester, IPK itu nanti kita lihat. Persyaratan administrasinya untuk kampus dengan akreditasi A minimal IPK 3,2, untuk kampus akreditasi B, minimal IPK 3,4 dan C minimal 3,6," jelasnya.

Selain itu, beasiswa yang diperuntukkan bagi hafiz dan hafizoh di Babel dengan hapalan minimal 5 juz.

"100 orang Kouta untuk hafiz dan hofizoh dari jenjang SD, SMP, SMA, S1, S2, dan S3. Satu tahun sekali ini diberikan bentuknya biaya pendek," tambah Deswarman.

Pemprov Babel juga memberikan beasiswa pendidikan dan biaya hidup bagi 10 siswa untuk melanjutkan pendidikan S1 di STIE Tazkia Bogor.

Beasiswa tidak hanya diberikan kepada para pelajar, namun juga guru SMK khsususnya yang mengampuh pendidikan teknologi untuk kuliah kembali sebanyak 19 orang.

"Ini untuk guru-guru SMK, akan kita kuliahkan lagi di UNY 19 orang karena kita masih Kekurangan untuk guru produktif jurusan teknologi," katanya.

Sedangkan untuk beasiswa luar negeri, Pemprov Babel memberikan kesempatan bagi putra-putri daerah untuk mengenyam pendidikan dan mendapatkan biaya hidup seperti di Madinah.

"Kita sedang MOU dan sudah kita anggarkan dengan Universitas Luar Negeri salah satunya Madinah, tahun ini koutanya ada 10 orang," ujarnya.

Selain beasiswa langsung melalui APBD, ada beberapa program Internship yang dan kerjasama yang sedang dijajaki dinas pendidikan Babel untuk membantu memfasilitasi pelajar Babel untuk mendapatkan beasiswa.

"Yang sudah berjalan itu dengan Taiwan, ada program kuliah magang, tahun lalu sudah 80 an siswa kita kesana, tahun ini ada juga. Nanti kita akan kerjasma juga dengan universitas di Madinah. Untuk dalam negeri kita kerjasama dengan IPB, Unsri dan Sekolah Tinggi Pariwisata," ujar Soleh.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help