Bupati Tantang SMD Buat Kerja Nyata di Desa

Bupati Bangka H Tarmizi Saat memotivasi para Sarjana Masuk Desa (SMD) agar kreatif membuat program untuk membangun desa.

Bupati Tantang SMD Buat Kerja Nyata di Desa
(nurhayati/bangkapos.com)
Bupati Bangka H Tarmizi Saat menerangkan program kerja Pemkab Bangka kepada 62 Sarjana Membangun Desa, Jumat (19/1/2018) di Ruang Rapat Bina Praja Kantor Bupati Bangka. 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nurhayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA--Bupati Bangka H Tarmizi Saat memotivasi para Sarjana Masuk Desa (SMD) agar kreatif membuat program untuk membangun desa.

Ia menantang para SMD agar bisa berinovasi membuat program dan kerja nyata untuk membangun perekonomian masyarakat. Jangan sampai mereka hanya menunggu tanpa berbuat dan makan gaji yang diberikan oleh pemerintah.

"Bisa pelihara lele pakai drum dua bulan bisa menghasilkan. Nasi sisa rumah makan bisa diambil untuk pakan ikan buat kolam ikan besar di desa," saran Tarmizi kepada 62 SMD yang bertugas di desa-desa di Kabupaten Bangka, Jumat (19/1/2018) di Ruang Bina Praja Kabupaten Bangka

Dia minta agar para SMD yang sudah sarjana ini jangan kalah dengan siswa sekolah dasar dalam berkreasi.

"Anak SD saja bisa buat kompos dari sampah saya beli komposnya. Di rumah dinas ada tanaman organik itu hasil karya anak SD," kata Tarmizi.

Dia berharap para SMD bisa membuka peluang kerja dan memotivasi masyarakat di desa-desa agar bisa meningkatkan perekonomian mereka. Para SMD bisa menggerakan berbagai usaha kecil yang ada di desa-desa.

"Ku ngajak ikak berpikir ke depan," ajak Tarmizi yang juga pernah menjadi Sarjana Pengerak Pembangunan Desa.

Menurutnya SMD harus membantu pemerintah desa membangun BUMDes, one village one produk, fasilitas umum di desa dan membuat embung. Pasalnya ini merupakan instruksi presiden kepada bupati yang harus disampaikan kepada para kades.

Penulis: nurhayati
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved