Soleh Bantah Ada Rasionalisasi, Anggaran Pendidikan Cuma Dialihkan

Pemotongan anggaran di Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung dibantah langsung oleh Kadis Pendidikan Babel, M. Soleh.

Soleh Bantah Ada Rasionalisasi, Anggaran Pendidikan Cuma Dialihkan
Bangka Pos / Hendra.
Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Babel, M. Soleh 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Hendra

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Pemotongan anggaran atau rasionalisasi di Dinas Pendidikan Provinsi Bangka Belitung, dibantah langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Babel, M. Soleh.

Dia mengatakan anggaran di Dinas Pendidikan Propinsi Babel yang dilakukan pengalihan saja, seperti dana BOS daerah. Kegiatan yang dinilai kurang efektif dan kurang efisien dialihkan ke pemerintah provinsi.

“Dana bosda dialihkan bukan hanya untuk beasiswa, tapi dialihkan juga untuk program kegiatan lain yang akan diefisienkan. Misalkan kegiatan yang biasa dilakukan langsung oleh sekolah dialihkan langsung ke pemerintah,” kata M. Soleh, Kamis, (18/1/2018).

Menurut Soleh, kegiatan yang tidak dilaksanakan tersebut untuk mengefisienkan anggaran pemerintah. Lalu anggaran yang diefisiensikan tersebut digunakan untuk kegiatan lainnya seperti beasiswa.

“Tujuannya sama, misalkan beasiswa itu diambil 10 persen dari bosda di setiap sekolah. Beasiswa langsung diberikan oleh dinas. Ada orang tua datang ke dinas anaknya tidak sekolah karena tidak mampu. Jangan sampai orang tua siswa datang ke dinas. Kita minta sekolah memberikan data siswa yang tidak mampu untuk mendapatkan beasiswa,” ujar Soleh.

Kemudian lanjut Soleh, pihak sekolah juga akan diminta data siswa yang tidak mampu yang tidak menerima KIP.

“Jangan sampai yang menerima KIP, juga menerima beasiswa (bosda--red). Jangan double,” tambah Soleh.

Pengalihan anggaran beasiswa tersebut dimaksud agar bantuan atau beasiswa yang diberikan tepat sasaran. Semua siswa yang membutuhkan beasiswa terbantu agar program belajar 12 tahun untuk tahun 2019 dapat terealisasi.

Karenanya kata Soleh dana Bosda yang diterima oleh sekolah berkurang. Dana bosda untuk beasiswa dialihkan dan dikelola langsung Dinas Pendidikan.

Penulis: Hendra
Editor: khamelia
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved