2019, BI Perwakilan Babel Targetkan Pemda Setempat Sudah Terapkan Transaksi Nontunai

Bank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung terus berupaya menggalakan program elektronifikasi dan keuangan inklusif.

2019, BI Perwakilan Babel Targetkan Pemda Setempat Sudah Terapkan Transaksi Nontunai
Bangka Pos/ Idandi Meika Jovanka
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Babel, Tantan Heroika 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Idandi Meika Jovanka

BANGKAPOS.COM, BANGKABank Indonesia Perwakilan Bangka Belitung terus berupaya menggalakan program elektronifikasi dan keuangan inklusif.

Salah satunya bekerjasama dengan pemerintah daerah baik pemerintah kota dan kabupaten agar menerapkan transaksi nontunai. Bahkan pihaknya menargetkan 2019 seluruh pemerintah daerah di Bangka Belitung sudah menerapkan pembayaran nontunai.

Guna menyentuh seluruh sektor dan masyarakat supaya mempercepat perputaran ekonomi.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Babel, Tantan Heroika mendorong penerapan elektronifikasi keuangan, satu diantaranya melalui e-money.

Saat ini, seluruh transaksi yang dilakukan pemerintah Bangka Belitung harus nontunai dan diusahakan meningkat ke elektronikfikasi lainnya.

Mewujudkan hal itu diperlukan fasilitas infrastruktur yang memadai tetapi perbankan di Babel kebanyakan kantor cabang.

“Sebenarnya, program menontunaikan transaksi pembayaran dan penerimaan di lingkup pemerintahan sudah sejak 2015 lalu. Jadi, seluruh pembayaran dilakukan secara nontunai sesuai dengan ketentuan. Pemerintah menjadi objek utama dalam penerapan transaksi tersebut karena diyakini bisa mendorong masyarakat dan pihak swasta buat melakukan hal serupa,” jelas Tantan

Lebih lanjut, ia menjelaskan saat ini, hampir di seluruh kabupaten dan kota telah melakukan transaksi non tunai dalam pembagian gaji.

Walaupun, belum ada payung hukum yang mengharuskan transaksi itu wajib. Ketika nontunai dilakukan pemerintah diharapkan merambah ke masyarakat maupun pihak swasta.

Halaman
12
Penulis: Idandi Meika Jovanka
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help