BangkaPos/
Home »

News

» Sains

7 Pertanyaan Sederhana Ini, Masih Menjadi Misteri Dunia Sains

Sejumlah penemuan besar sudah ditemukan olehilmuwan, tetapi ternyata hal-hal kecil dalam kehidupan kita sehari-hari masih menjadi misteri.

7 Pertanyaan Sederhana Ini, Masih Menjadi Misteri Dunia Sains
Ilustrasi(Thinkstock.com) 

BANGKAPOS.COM - Sejumlah penemuan besar sudah ditemukan oleh ilmuwan, tetapi ternyata hal-hal kecil dalam kehidupan kita sehari-hari masih menjadi misteri.

Setidaknya, ada tujuh hal yang sering kita temui sehari-hari, tetapi belum ada penjelasan ilmiahnya.

Mengapa bius bisa membuat kita pingsan sebelum operasi?

Bagi Anda yang pernah menjalani operasi, pasti pernah mengalami anestesi atau bius. Ada bius lokal atau total. Keduanya memiliki efek berbeda.   

Bius lokal biasanya dilakukan dengan menyuntikan obat atau menyemprot bagian tubuh kita dengan semprotan obat agar bagian tubuh tersebut mati rasa, sedangkan bius total biasanya dilakukan dengan menghirup obat propofol atau isofluran agar kita kehilangan kesadaran.

Bisa dilakukan terhadap tanaman, anestesi diketahui berfungsi dengan menghentikan pengiriman signal dari saraf di tubuh ke otak kita.

Akan tetapi, bagaimana penjelasannya? Salah satu artikel yang dimuat New Scientist tahun 2011, menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada yang tahu penjelasannya. Namun, penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa ilmuwan semakin mendekati penjelasan yang lebih gamblang.

Kok kucing bisa mendengkur?

Kucing mendengkur ketika merasa senang, puas, atau saat di bawah tekanan. Namun, mengapa mereka bereaksi dengan mendengkur?

"Sayangnya, tidak ada yang benar-benar yakin apa yang membuat kucing mendengkur," tulis io9.Gizmodo.

Halaman
1234
Editor: zulkodri
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help