Usai Panen Padi, Petani di Kelapa Gelar Tradisi 'Bukek Buk Bare'

Para petani di Kecamatan Kelapa umumnya sudah memanen padi huma dan sawah.Setelah panen padi, umumnya petani menggelar tradisi bukek buk bare

Usai Panen Padi, Petani di Kelapa Gelar Tradisi 'Bukek Buk Bare'
Bangka Pos/ Riyadi
Tradisi bukek buk bare (buka nasi baru) usai panen padi yang digelar warga Kelurahan Kelapa Kecamatan Kelapa, beberapa waktu lalu. Tradisi tersebut dilaksanakan di lokasi lahan sawah atau di ladang 

Laporan Wartawan Bangka Pos Riyadi

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Para petani di Kecamatan Kelapa umumnya sudah memanen padi huma dan sawah.

Setelah panen padi, umumnya petani menggelar tradisi bukek buk bare (makan nasi baru-red).

Tradisi ini digelar di sawah, tepatnya usai panen. Dalam buka nasi baru tersebut, petani yang panen padi, mengundang sanak keluarga, famili dan warga pada umumnya, untuk bersama-sama menikmati nasi baru.

"Bukek buk bare sudah mentradisi, ya itung-itung sedekah, berbagi rejeki dan ngumpul bareng untuk saling silaturahmi," tutur Titin kepada Bangka Pos Grup Senin (22/1/2018).

Petani lainnya, Lail mengatakan setiap selesai panen, selalu menggelar buka nasi baru.

"Dalam tradisi ini tidak hanya makan nasi baru saja, kadang kalau panennya berlimpah, petani juga bagi-bagi beras ke warga lainnya, kita diberi rejeki oleh Allah, bukan untuk di kuasai sendiri, tapi ada bagian yang harus disedekahkan ke orang lain, semakin banyak bersedekah, hidup seseorang akan semakin tenang," ujarnya.(*)

Penulis: riyadi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved