Nikmatnya Tempoyak Bangka, Selera Palembang

Tempoyak merupakan makanan fermentasi dari buah durian yang sangat terkenal dan digemari masyarakat Kota Palembang

Nikmatnya Tempoyak Bangka, Selera Palembang
Bangka Pos / Edwardi
Tempoyak buatan Gugun 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Edwardi

BANGKAPOS.COM, BANGKA –- Tempoyak merupakan makanan fermentasi dari buah durian yang sangat terkenal dan digemari masyarakat Kota Palembang.

Tempoyak sering digunakan sebagai campuran untuk memasak berbagai makanan tradisional dan khas Kota Empek-empek, seperti pepes ikan, sambal, dan lain-lainnya.

Namun ternyata saat ini tempoyak ternyata juga sudah bisa dibuat masyarakat Pulau Bangka, salah satunya Gugun, warga Kelurahan Parit Padang Kecamatan Sungailiat.

“Beli tempoyak bang, saya bikin sendiri ni bang, harganya Cuma Rp 50.000 per toplesnya,” kata Gugun saat dihampiri Bangkapos.com ketika sedang berjualan durian di depan Hutan Wisata Suaka Alam Sungailiat, Rabu (24/1/2018).

Menurutnya, tempoyak ini dibuat dari hasil fermentasi isi buah durian selama tiga hari penyimpanan.

“Biasanya tempoyak ini buatan orang Palembang, tapi sekarang ini kita orang Bangka juga sudah bisa membuatnya dan rasanya tidak kalah dengan buatan orang Palembang,” ujar Gugun berpromosi.

Diakuinya, memang saat ini kebanyakan yang membeli tempoyak buatannya kebanyakan warga asal Palembang yang tinggal di Kabupaten Bangka.

“Para pegawai Pemkab Bangka saat inikan masih banyak orang yang berasal dari Palembang, biasanya mereka inilah yang kebanyakan membelinya, kalau orang Bangka asli tidak biasa makan tempoyak ini,” tukasnya.(*)

Penulis: edwardi
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved