Program Upsus Babel Tahun 2017 Belum Semuanya Tercapai

Tahun ini ada 15 ribu hektar bibit jagung dan pupuk gratis. Kita akan coba lahan replanting sawit kita minta

Program Upsus Babel Tahun 2017 Belum Semuanya Tercapai
Bangka Pos/Krisyanidayati.
Foto bersama usai Rakor Upsus di ruang rapat Tanjung Pesona, Kamis (25/1). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Krisyanidayati

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kepala Dinas Pertanian Babel, Toni Batu Bara mengatakan secara keseluruhan upaya Khusus (Upsus) Peningkatan Produktivitas Padi, Jagung, dan Sapi Indukan Wajib Bunting (Siwab) Tahun lalu berjalan dengan baik meski ada beberapa target yang tidak tercapai.

Toni menyebutkan, untuk padi luas tanam di Babel cukup bagus. Namun, masih terkendala dengan hasil panen yang belum sesuai lantaran masih terbatasnya irigasi, banjir.

"Hasil panennya yang belum memuaskan, itu Kendalanya karena kita masih tadah hujan, persoalan irigasi, kekeringan dan kebanjiran, hama penyakit," ujar Toni usai menghadiri Rakor upsus di ruang rapat Tanjungpesona, Kamis (25/1/2018).

Ia mengatakan target tahun ini dari 24 ribu hektar sawah yang sudah dicetak, ditargetkan 21.500 hektarnya harus panen dengan produktivitas 3 ton/hektar.

Sedangkan untuk jagung tahun lalu, baru tertanam 1800 hektar, dengan target 3000 Hektar.

Ia mengatakan hal ini belum tercapai lantaran keinginan masyarakat untuk budidaya jagung masih rendah.

"Tahun ini ada 15 ribu hektar bibit jagung dan pupuk gratis. Kita akan coba lahan replanting sawit kita minta nanam jagung, kita juga akan minta bantuan beberapa instansi seperti kadin, TNI, Polri, sekolah untuk turut menanam jagung,"ujarnya.

Sedangkan sapi Indukan wajib bunting mencapai target diatas 100 persen. Namun, sayangnya banyak sapi yang bunting secara alama tanpa inseminasi buatan.

"Siwab kita 100 persen, tapi yang jadi evaluasinya sapi kita bunting alami tanpa IB jadi kita gagal untuk dapat juara III," katanya.(*)

Penulis: krisyanidayati
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved