LPDB KUMKM Optimis Seluruh Dana Bergulir Terserap

LPDB KUMKM optimis penyaluran dana bergulir mampu terserap seluruhnya dan merata hingga ke luar pelosok Pulau Jawa.

LPDB KUMKM Optimis  Seluruh Dana Bergulir Terserap
Istimewa

BANGKA POS - Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM optimis penyaluran dana bergulir mampu terserap seluruhnya dan merata hingga ke luar pelosok Pulau Jawa hingga kuartal ketiga tahun ini.

"Selama ini 70 persen perputaran dana bergulir berada di Pulau Jawa dan tahun ini sesuai instruksi Presiden agar penyerapan dana bergulir bisa merata ke seluruh Indonesia. Kami optimis melalui kerjasama ini target penyaluran dana bergulir bisa tercapai Rp 1,2 triliun pada Agustus tahun ini," kata Direktur Utama LPDB KUMKM, Braman Setyo dalam acara Rekonsiliasi Rekening dan Peningkatan Kerjasama dengan Jamkrida dan Perbankan di Aston Tropicana Hotel Bandung, Kamis (26/1).

Ia mengatakan, kerjasama dengan berbagai stakeholder seperti Jamkrindo, Jamkrida, BPD dan kedepan dengan Asbanda menegaskan bahwa LPDB KUMKM bukan lagi sebagai lembaga eksklusif melainkan lembaga inklusif yang dapat memberikan fasilitas pinjaman kepada Koperasi dan UMKM.

"Kerjasama ini untuk meningkatkan mutu Koperasi dan UMKM tanpa harus mencari jaminan kredit terlebih dahulu. Agunan 70 persen akan dicover lembaga perusahaan penjamin, sedangkan Koperasi atau pelaku usaha mikro hanya membayar 1,5 persen fee dari plafon kredit yang diambil," ulasnya.

Tahun ini melalui paradigma baru LPDB mengusung trisukses yaitu, Sukses Penyaluran, Sukses Pemanfaatan, dan Sukses Pengembalian.

Badan Layanan Umum (BLU) ini mengedepankan kendala Koperasi dan UMKM dalam mengakses sumber pembiayaan yakni akses/sumber pembiayaan, keterbatasan jaminan/colateral dan lemahnya proses pendampingan.

Hari ini salah satu solusi tersebut sudah diterapkan melalui kerja sama dengan perusahaan penjaminan, yakni menjadikan perusahaan penjamin sebagai miniatur fungsi layanan LPDB-KUMKM di daerah.

Selain itu, pihaknya menyakini mampu menekan Non Performing Loan (NPL) kedepannya.

"Karena itu, kami lakukan perbaikan-perbaikan yang saat ini sedang berjalan dilakukan secara paralel oleh Tim Reformasi Birokrasi LPDB-KUMKM bertujuan untuk memperbaiki SOP, perbaikan infrastruktur layanan, perbaikan infrastruktur IT dan perbaikan SDM," tambahnya. (ADVERTORIAL/may)

Editor: fitriadi
Sumber: bangkapos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved