Gerhana Bulan Total dan Supermoon Hampir Bersamaan, Daerah Pesisir Waspadai Gelombang Tinggi

Bumi kembali menyuguhkan fenomena alam menakjubkan lewat penampakan supermoon yang hampir bersamaan dengan gerhana bulan total.

Gerhana Bulan Total dan Supermoon Hampir Bersamaan, Daerah Pesisir Waspadai Gelombang Tinggi
Istimewa
Supermoon 

BANGKAPOS.COM, JAKARTA - Bumi kembali menyuguhkan fenomena alam menakjubkan lewat penampakan supermoon yang hampir bersamaan dengan gerhana bulan total.

Terkait gerhana bulan total ‘Super Blue Blood Moon’ pada 31 Januari 2018, fenomena itu dikatakan dapat memicu air pasang tinggi.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati, mengingatkan bahwa fenomena gerhana bulan langka akan terjadi pada 31 Januari.

Baca: Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018, Begini Tata Cara Shalat Khusuf Sesuai Tuntunan Nabi

Proses gerhana ini akan dapat diamati dari Indonesia.

Namun, Dwikorita menambahkan, fenomena ‘Super Blue Blood Moon’ akan berdampak pada cuaca dan gelombang laut di wilayah Indonesia, mulai 30 Januari sampai 1 Februari.

 “Masyarakat diimbau untuk mewaspadai tinggi pasang maksimum. Pasang maksimum dapat mencapai 100-140 sentimeter,” kata Dwikorita, Senin (29/1/2018), di Jakarta Pusat.

Sedangkan, kata Dwikorita, surut minimum dapat mencapai minus 100-110 sentimeter.

“Dapat terjadi di seluruh wilayah pesisir, antara lain pesisir Sumatera Utara, barat Sumatera Barat, selatan Lampung, utara Jakarta, utara Jawa Tengah, utara Jawa Timur, dan Kalimantan Barat,” sebutnya.

Baca: Ingin Lihat Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018? Simak Dulu 5 Hal Penting Ini Agar Tak Menyesal

Halaman
123
Editor: fitriadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved