Masih ada 10 Miliar Lebih Subsidi Rastra yang belum Digunakan

Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syawal mengakui untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BNPT)

Masih ada 10 Miliar Lebih Subsidi Rastra yang belum Digunakan
Bangka Pos / Nurhayati
Sosialisasi penyaluran beras sejahtera (rastra) dan bantuan pangan non tunai (BPNT), Selasa (30/1/2018) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat. 

Laporan Wartawan Bangka Pos Nurhayati

BANGKAPIS.COM,BANGKA--Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Syawal mengakui untuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) baru tahun 2018 ini diluncurkan oleh Kementerian Sosial.

Sedangkan untuk beras sejahtera (rasta) yang sebelumnya 15 kilogram pada tahun 2018 ini menjadi 10 kilogram untuk masing-masing keluarga penerima bantuan.

"Tentu ini menjadi pertanyaan para kades mengapa berubah dari 15 kilogram jadi 10 kilogram ini karena dasarnya diseluruh Indonesia mekanismenya bermacam-macam,
jadi ada biaya yang timbul dari titik distribusi ke titik bagi apalagi untuk di pelosok desa," jelas Syawal saat sosialisasi penyaluran beras sejahtera (rasta) dan bantuan pangan non tunai (BPNT), Selasa (30/1/2018) di Ruang Rapat Bangka Bermartabat.

Diakuinya, Pemprov Babel untuk tahun 2018 ini sudah menganggarkan dana subsidi untuk rasta tapi tidak bisa digunakan karena harus direvisi. "Dana itu sebesar Rp 10 milyar lebih mau dikemanakan kami rapat masih dibahas belum final. Apakah untuk membantu biaya dari titik distibusi ke titik bagi atau menambah jumlah KPM (Keluarga Penerima Manfaat--red)," ungkap Syawal.

Ditegaskannya, sudah terbentuk tim untuk memantau penyaluran rasta yang langsung link ke kemendagri. "Jadi tidak ada pengaduan lagi ada biaya dengan dalih apapun. Kita inginkan tidak terjadi lagi hal itu," tegas Syawal.

Dijelaskannya, peran pemerintah daerah dalam penyaluran rasta dan BPNT adalah mengkoordinasi dan perencanaan anggaran, pemantauan dan evaluasi, menangani pengaduan masyarakat terkait laporan yang akan disampaikan ke tingkat pusat.(*)

Penulis: nurhayati
Editor: zulkodri
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved