Panen Perdana Ikan Lele, Namang Akan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar

Panen pertama ini langsung diambil pengepul ikan air tawar dengan harga Rp 20 ribu perkilogram ke lokasi

Panen Perdana Ikan Lele, Namang Akan Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar
Bangkapos/Nordin
Kades bersama Camat dan warga Namang panen ikan lele perdana didesanya, Selasa (30/1) 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Nordin

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Desa Namang Kecamatan Namang Kabupaten Bangka Tengah memanen ikan lele yang dua bulan lalu mereka perbantukan kepada masyarakat.

Panen pertama ini langsung diambil pengepul ikan air tawar dengan harga Rp 20 ribu perkilogram ke lokasi budidayanya di Namang.

Kades Namang Wahid menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penopang perekonomian masyarakat yang dikembangkan didesanya.

Pada tahun lalu pihaknya menganggarkan kegiatan ini melalui APBDes, kemudian masyarakat diberi pelatihan, bibit hingga pendampingan dalam membudidayakannya.

"Ini yang pertama kami lakukan budidaya ikan air tawar, kami anggarkan melaui APBDes kemudian mencari masyarakat yang bersedia mengikuti kegiatan ini," terangnya kepada Bangkapos.com, Selasa (30/1).

Wahid mengatakan, meskipun baru pertama kali bagi budidaya ikan air tawar, masyarakatnya sangat antusias, hasil perdana ini sekitar 500 kilogram.

Dari hasil ini sebagian hasil akan di sisihkan untuk pembudidaya baru, sehingga semakin banyak warga yang menekuni usaha ini.

Sementara Camat Namang Ema Febriarti menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh masyarakat Namang.

Hal ini merupakan salah satu contoh bentuk kerjasama pemerintah dan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi mereka.

"Sebetulnya kegiatan ini hampir seluruh desa di kecamatan Namang hampir ada, kami sangat mendukung apalagi ini untuk masyarakat sendiri," sebutnya

Dia melanjutkan, kegiatan seperti ini tidak hanya berhenti sampai dibudidaya dan penjualan, ada pengembangan lebih lanjut seperti olahannya.

"Kedepan bagaimana kita membuat pembeda dari yang lain, bahan sudah ada kita buat yang lainnya," ungkap Ema.(*)

Penulis: Muhammad Noordin
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help