Home »

Lokal

» Bangka

Kasus Narkoba, Kini Novi dan Suparman Jadi Tahanan Jaksa

Novi dan Suparman disergap polisi menyusul adanya informasi warga tentang dugaan penyalahgunaan narkoba

Kasus Narkoba, Kini Novi dan Suparman Jadi Tahanan Jaksa
ist
Tersangka Novi dan Tersangka Suparman (kaus hitam) diserahkan oleh Penyidik Polres Bangka ke Penuntut UmumKejari Bangka, Kamis (25/1/2018). 

Laporan Wartawan Bangka Pos, Fery Laskari

BANGKAPOS.COM, BANGKA-- Novi dan Suparman telah melepas status mereka sebagai tahanan polisi.

Namun bukan berarti keduanya bebas, sebab status baru langsung melekat, yaitu tahanan jaksa.

Peralihan status ini otomatis terjadi, menyusul pelimpahan tahap dua perkara penyalahgunaan narkoba, dari penyidik ke Penuntut umum.

Kapolres Bangka AKBP Johannes Bangun diwakili Kasat Narkoba AKP Albert DH Tampubolon, Selasa (3/1/2018) menyatakan, kedua tersangka sebelumnya ditangkap di Sungailiat.

Novi dan Suparman disergap polisi menyusul adanya informasi warga tentang dugaan penyalahgunaan narkoba.

"Ketika itu tim kita dari Satnarkoba Polres Bangka melakukan penyelidikan. Kemudian pelaku disergap di Sungailiat. Saat digeledah ditemukan barang bukti berupa narkoba, jenis sabu diduga akan mereka pasarkan ke konsumen," kata Kasat.

Kedua pelaku ditahan selama beberapa pekan terakhir di Mapolres Bangka, sambil menunggu rampungnya berkas perkara penyidikan. Setelah berkas dinyatakan lengkap, kemudian dilimpahkan ke Penuntut Umum Kejari Bangka.

"Jaksa kemudian menyatakan berkas lengkap, sehingga berikutnya kita serahkan tersangka dan barang bukti dalam agenda tahap dua ke jaksa," katanya.

Dalam perkara tersebut, Nopi dan Suparman dijerat Pasal112, Pasal 114 Undang-Undang (UU) Nomor 35 Tahun 2009 tetang Narkoba.

Keduanya terancam pidana lebih dari lima tahun penjara. Perkara tersebut sedianya akan diputuskan oleh pihak pengadilan, jika jaksa telah melimpahkan surat dakwaan, dalam waktu dekat.

"Yang jelas, terhitung pelimpahan tahap dua, perkara atas nama Novi alias Novi bin Zain dan Suparman alias Maman Bin Hasan, Nomor LP (Perkara) LPA / 1222 /X/2017/ Babel.ResBangka, sepenuhnya menjadi tangung-jawab dan wewenang penuntut umum. "Begitu juga status tersangka, kini mereka menjadi tahanan jaksa," katanya.(*)

Penulis: ferylaskari
Editor: Iwan Satriawan
Sumber: bangkapos.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help