Ahok Diyakini Kalah Besar Lagi Dalam Sidang Cerai Lawan Veronica Tan

Banyak yang menganggap perceraian Ahok-Veronica sebatas isu murahan untuk mendongkrak rating.

Ahok Diyakini Kalah Besar Lagi Dalam Sidang Cerai Lawan Veronica Tan
Youtube.com
Ahok dan Veronica Tan 

BNAGKAPOS.COM, JAKARTA - Awalnya banyak yang tak percaya jika mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menggugat cerai istrinya Veronica Tan.

Banyak yang menganggap perceraian Ahok-Veronica sebatas isu murahan untuk mendongkrak rating.

Namun semuanya mulai jelas saat sidang perdana gugatan cerai Ahok kepada Veronica, Rabu (31/1/2018).

//

Persidangan gugatan cerai Basuki Tjahaja Purnama terhadap istrinya Veronica Tan di Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah dimulai, Rabu (31/1/2018).

Baca: Ahok Secara Jantan Minta Julianto Tio Jauhi Veronica Tan tapi Keduanya Sulit Lepas

Selain menggugat cerai, Ahok juga meminta hak asuh terhadap dua anak; Nathania Berniece Zhong dan Daud Albeenner Purnama. Si Sulung Nicholas Sean Purnama sudah dewasa sehingga tak masuk dalam permintaan hak asuh ini.

Foto keluarga Basuki Tjahaja Purnama dan Veronica Tan.
Foto keluarga Basuki Tjahaja Purnama dan Veronica Tan. ()

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak dari Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI ) Reza Indragiri Amriel menyoroti kuasa asuh anak keduanya.

"Memang yang paling merisaukan adalah nasib anak-anak mereka nantinya. Apalagi konon kabar yang ada, masing-masing pihak memperebutkan kuasa asuh anak," ujar Reza dilansir Kompas.com.

Baca: Wanita Ini Bongkar Aib Ahok Setelah Pernah Pergoki Veronica Tan dan Teman Baiknya di Singapura

Prinsipnya, hakim akan menilai kesiapan sekaligus kecakapan masing-masing pihak dalam hal menjalankan peran pengasuhan anak.

Salah satu yang pasti akan dinilai adalah tempat tinggal ayah atau ibu dalam menjalankan peran pengasuhan anak.

Basuki Tjahaja Purnama dan Veronica Tan
Basuki Tjahaja Purnama dan Veronica Tan (Kolase tribun-timur.com)

Soal ini, lanjut Reza, posisi Basuki atau yang akrab disapa Ahok kurang menguntungkan. Sebab, saat ini Ahok masih mendekam di penjara.

"Penjara tidak layak dihuni anak-anak. Itu karena penjara  dianggap sebagai tempat untuk kriminal yang tengah diasingkan dari masyarakat. Anak, di sisi  lain, adalah manusia suci  yang tidak sepantasnya dicemari oleh penjahat di hotel prodeo," ujar Reza.

Meski demikian, karena Ahok tidak dikurung di penjara umum, mungkin saja pihak berwenang menambah fasilitas di sana agar lebih eksklusif sehingga Ahok dan anak-anaknya bisa tinggal bersama, meski ini sulit dan kecil kemungkinannya.

Baca: Inilah Pria Dibalik Prahara Rumah Tangga Ahok dan Veronica Tan, Teman Sang Adik Saat di Amerika

Di lain pihak, posisi Veronica tidak serta-merta berada dalam posisi yang lebih kuat untuk mendapat hak anak. Pasalnya, hakim akan mengungkap alasan perceraian terjadi.

Oleh sebab itu, Reza berharap sidang perceraian Ahok dengan Veronica tetap berjalan dengan mengutamakan prinsip pemenuhan hak anak.

"Khusus tentang kuasa asuh, buatlah kesepakatan di luar persidangan. Meminjam perkataan Kak Seto, Ketum LPAI, 'Cobalah untuk tetap berteman, bermitra untuk urusan pengasuhan'," ujar Reza.

Kesepakatan seperti itu diharapkan akan lebih memuaskan Ahok dan Veronica.

Yang terpenting, cara itu lebih memungkinkan akan terpenuhinya kepentingan terbaik anak-anak Ahok dan Veronica secara maksimal.

Sidang Perdana Belum Bahas Hak Asuh

Adik mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Fifi Lety Indra mengatakan, berat bagi keluarga untuk melihat Ahok bercerai dengan istrinya, Veronica Tan. Termasuk ketiga anak Ahok dan Veronica.

Baca: Ahok Tetap Ingin Cerai, Hari Ini Serahkan Bukti Dugaan Kesalahan Veronica Tan

Fifi mengatakan, anak-anak Ahok pastinya tak pernah menginginkan kedua orangtuanya bercerai.

Adik kandung sekaligus kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Fifi Lety Indra di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Rabu (31/1/2018).
Adik kandung sekaligus kuasa hukum Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, Fifi Lety Indra di Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada Rabu (31/1/2018). ()

"Siapapun kita semua orang yang menikah tidak ingin bercerai. Semua anak tidak mau orangtuanya bercerai. Itu adalah hal yang wajar," ujar Fifi di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (31/1/2018).

Fifi mengatakan, anak-anak Ahok terutama anak laki-laki tertua, Nicholas Sean telah cukup dewasa untuk mengerti tentang persoalan yang dihadapi kedua orangtuanya.

Bahkan Sean ikut membantu menyelesaikan masalah kedua orangtuanya. Adapun dalam surat gugatan cerai Ahok menginginkan agar hak asuh anak menjadi tanggung jawabnnya.

"Tapi kami belum sampai membahas hak asuh (di pengadilan)," ujar Fifi.

Baca: Ahok dan Veronica Tan Kompak Tak Hadiri Sidang Cerai, Ini Penjelasan Pengacara Sekaligus Adiknya

Melalui kuasa hukumnya, Ahok mengajukan gugatan cerai ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 5 Januari 2018. Adapun permasalahan Ahok dan Veronica telah terjadi sejak tujuh tahun yang lalu.

Keluarga hingga pendeta telah berulang kali melakukan mediasi. Namun, akhirnya Ahok memutuskan untuk menggugat cerai. Sidang perdana gugatan cerai Ahok-Vero berlangsung hari ini. Namun, tak tampak kehadiran pihak Vero hingga sidang berakhir.

Begini Jalannya 15 Menit Sidang Perdana

 Majelis hakim menunda persidangan gugatan cerai mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnamaalias Ahok dengan istrinya, Veronica Tan hingga pekan depan.

Ahok dan Fifi
Ahok dan Fifi ()

Hal itu dilakukan karena pihak Veronica tidak hadir pada sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Rabu (31/1/2018).

Berdasarkan pantauan Kompas.com, persidangan hanya dihadiri kuasa hukum Ahok, Fifi Lety Indra dan Josefina Agatha Syukur.

Baca: Istri Sah Ngamuk Jambak Itunya Cewek Pelakor, Security Hotel Sampaii Kewalahan

Adapun persidangan hanya berlangsung sekitar 15 menit, pukul 10.10-10.25. Persidangan gugatan cerai Ahok terhadap Veronica berlangsung tertutup.

Josefina mengatakan, saat persidangan, hakim menanyakan ketidakhadiran pihak Veronica.

Josefina kemudian memberikan surat yang berisi pernyataan ketidakhadiran Veronica pada persidangan tersebut.

"Hari ini cuma begitu, kami sampaikan surat yang dititipkan Bu Vero. Surat itu menyatakan, Bu Vero menyerahkan kebijaksanaan kepada hakim," ujar Josefina.

Setelah menyerahkan surat Veronica, barulah majelis hakim menunda persidangan.

Baca: Mesranya Raisa dan Hamish Daud, Netizen Baper Sebut Ganteng Bener Suami Orang

Ahok mengajukan gugatan cerai terhadap Veronica ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara pada 5 Januari 2018.

Adapun permasalahan Ahok dan Veronica telah terjadi sejak 7 tahun lalu.

Keluarga bahkan pendeta telah berulang kali melakukan mediasi.

Namun, akhirnya Ahok memutuskan menggugat cerai sang istri.

Ahok juga meminta agar hak asuh anak menjadi tanggung jawabnya. Saat ini, Ahok mendekam di Rutan Mako Brimob, Depok, Jawa Barat atas kasus penodaan agama. (Tribun Timur/St Hamdana Rahman)

Berita ini sebelumnya dipublikasikan Kompas.com berjudul Menelisik Pelimpahan Hak Asuh Anak Ahok dan Veronica Tan

 
Editor: fitriadi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved